7 Cara Mengatasi Lidah Putih Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Ketika sedang berdiri di depan cermin, coba sesekali untuk menjulurkan lidah ke depan guna mengecek kondisi warna lidah."

Life | 01 March 2022, 17:55
7 Cara Mengatasi Lidah Putih Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Pada umumnya kondisi lidah yang normal akan memiliki warna merah muda dan memiliki lapisan tipis berwarna putih di atasnya. Namun, jika kondisi lapisan warna putih terlalu tebal, kondisi ini merupakan suatu gejala yang disebut lidah putih. Kondisi ini pada umumnya sering kali dikaitkan dengan kondisi kebersihan mulut yang dimiliki oleh seseorang, selain itu juga berkaitan dengan kondisi medis tertentu.

Kondisi lidah putih dapat terjadi karena pertanda adanya bakteri, kotoran, jamur, sel mati, dan sisa makanan. Jika semuanya itu banyak yang terjebak di bawah papila, dapat menyebabkan timbulnya warna putih pada lidah yanng terlalu tebal. Suatu kondisi lidah putih dapat menandakan suatu gejala tentang kondisi medis tertentu, misalnya sifilis, leukoplakia, infeksi, bahkan kanker.

Selain itu terjadinya lidah putih dapat menimbulkan bau yang kurang sedap area mulut. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya papila mengalami mpembengkakan, serta muncul warna putih pada papila. Menjaga kebersihan mulut merupakan suatu kebiasaan yang sangat penting, sehingga lidah putih dapat hilang dalam beberapa minggu. Namun, jika tidak dapat hilang, maka kondisi ini harus diwaspadai.

Penyebab terjadinya lidah putih

Munculnya lidah putih merupakan suatu kondisi papila lidah yang sedang diliputi bakteri atau kuman dan terjebak di dalamnya. Bercak bisa menutupi seluruh papila atau hanya sebagian papila lidah saja. Pada kondisi tertentu, lidah putih dapat terjadi akibat dehidrasi parah, mulut kering, demam tinggi, hingga akibat iritasi pada mulut akibat gesekan gihi, kawat gigi atau gigi palsu.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab terjadinya lidah putih :

- Kanker mulut, kondisi ini dapat terjadi saat sel di bibir atau mulut seseorang mengalami suatu mutasi DNA. Mutasi ini memungkinkan sel kanker untuk terus tumbuh dan membelah saat sel sehat akan mati. Akumulasi sel kanker mulut abnormal ini bisa membentuk tumor yang akan menyebar ke dalam mulut dan area kepala serta area leher. Kondisi ini dapat menyebabkan lidah putih.

- Geographic tongue, suatu kondisi ini menandai terjadinya peradangan pada lidah, namun tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan terjadinya lidah putih. Pada umumnya, lidah yang sehat permukaan ditutupi oleh papila berwarna merah muda, maka pada geographic tongue sebagian lidah akan terlihat seperti bercak yang tidak berpapila, hingga dapat menimbulkan warna lidah menjadi putih.

- Leukoplakia, kondisi ini biasanya menyebabkan bercak putih di pipi bagian dalam, sepanjang gusi, dan terkadang pada lidah seseorang. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, merokok, dan mengunyah tembakau menjadi penyebab dari kondisi ini. Tetapi dalam kasus ini jarang terjadi, penyebab lidah menjadi warna putih juga bisa berkembang menjadi kanker mulut.

- Oral thrush, merupakan penyebab lidah menjadi warna putih ini merupakan infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur candida. Oral thrush umumnya menyerang lebih banyak perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Seseorang memiliki risiko terkena oral thrush jika menderita diabetes, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena menderita penyakit tertentu.

- Sifilis, suatu penyakit pada kelamin bisa menyebabkan luka pada area mulut. Penularan penyakit ini dapat disebabkan melalui infeksi bakteri Treponema pallidum. Hal ini dapat menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat melakukan aktivitas seksual. Jika sifilis tidak terjadi lama, maka bercak putih yang disebut leukoplakia sifilis bisa menjadi penyebab terjadinya lidah putih.

- Oral lichen planus, merupakan suatu kondisi yang menandai adanya gangguan atau masalah pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Akibatnya, bercak putih di mulut dan lidah tidak dapat dihindari. Penyebab lidah berwarna putih ini juga mengakibatkan gusi yang terasa sakit. Kemungkinan seseorang dapat mengalami luka di sepanjang lapisan dalam mulut yang cukup tinggi.

Itulah beberapa penyebab terjadinya lidah putih. Melihat beberapa penyebab di atas, lidah utih bukan masalah yang sepele. Hindarilah beberapa penyebab di atas untuk mengurangi risiko terjadinya lidah putih.

Cara mengatasi lidah putih secara alami

Untuk mengatasi terjadinya lidah putih, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Pengobatan lidah putih juga harus mengetahui penyebabnya, sehingga bisa menyentuh penyakit dasar yang memicu lidah putih. Jika penyebabnya bukan karena kondisi medis tertentu yang kronis, lidah putih dapat diatasi melalui cara dan bahan alami.

Berikut ini cara mengatasi lidah putih secara alami :

1. Mengonsumsi yoghurt

Daun.id

sumber; pexels

Probiotik merupakan sekumpulan bakteri baik yang dapat hidup di dalam tubuh manusia, sehingga dapat mengimbangi bakteri jahat pada pencernaan manusia. Tanpa disadari sebagian orang, kekurangan bakteri probiotik dapat menyebabkan terjadinya lidah putih. Probiotik dapat membantu untuk melawan bakteri jahat pada sistem pencernaan, sehingga dapat mengatasi lidah putih secara alami.

2. Gunakan garam laut

Garam laut merupakan salah satu bahan alami yang dapat bermanfaat dengan baik untuk mengatasi lidah putih pada mulut. Pasalnya, garam laut memiliki kandungan antibakteri alami yang mampu mengangkat bakteri yang terjebak pada papila lidah. Teksturnya yang kasar juga dapat mengeksfoliasi lapisan putih pada lidah. Gunakan garam laut untuk berkumur dapat mengatasi lidah putih secara alami.

3. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pixabay

Pada saat sedang terjadi dehidrasi secara berlebihan, lidah dapat berubah menjadi warna putih. Sehingga salah satu cara yang paling praktis dan alami untuk mengatasi lidah putih adalah meningkatkan minum air putih. Kekurangan cairan juga dapat menurunkan kekebalan tubuh dan memudahkan bakteri penyakit menyerang tubuh. Cobalah minum air putih minimal 8 gelas perhari, sehingga dapat mengatasi lidah putih secara alami.

4. Taburkan baking soda pada pasta gigi

Menggunakan baking soda dapat membunuh atau mengurangi mikroorganisme penyebab terjadinya infeksi pada mulut, seperti Streptococcus dan Candida. Selain itu, baking soda juga dapat membantu mengeksfoliasi lidah, menghilangkan residu yang menyebabkan terjadinya lidah putih, sekaligus mempertahankan kadar pH yang sesuai untuk mulut. Baking soda dapat mengatasi lidah putih secara alami.

5. Mengonsumsi gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Gel lidah buaya juga dapat disulap untuk menjadi beberapa jenis makanan, misalnya jus, jelli dan lain sebagainya. Kandungan pada lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Beberapa zat tersebut dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi lidah putih secara alami. Lidah buaya mengandung enzim yang dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan mendorong regenrasi jaringan kulit.

6. Mengonsumsi bawang putih mentah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa allicin, salah satu senyawa aktif yang terdapat di dalam bawang putih dapat mengatasi lidah putih secara alami. Untuk mengobati lidah putih, terutama karena sariawan atau pertumbuhan bakteri secara berlebihan pada rea lidah, ambil satu siung bawang putih mentah per hari untuk dikunyah secara mentah-mentah. Lakukan, hingga dapat mengatasi lidah putih.

7. Mengonsumsi air kunyit

Daun.id

sumber; pixabay

Meminum atau mengonsumsi air kunyit dapat membantu untuk membersihkan lapisan putih pada lidah. Kunyit termsuk salah satu bahan alami yang mengandung antiseptik, sehingga bermanfaat untuk membersihkan lidah. Kondisi lidah putih sebaiknya segera untuk diatasi karena dapat mampu mengganggu kesehatan mulut. Minumlah air kunyit sehingga dapat mengetasi lidah putih secara alami.

Demikian beberapa cara mengatasi lidah putih secara alami. Melihat beberapa keterangan di atas, lidah putih merupakan gejala yang tidak dapat diremehkan. Selain cara alami, sebaiknya juga melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi lidah putih.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya