Gempa Sumedang Mengguncang dengan Intensitas II-III MMI, Dekat Lokasi Gempa Merusak 2023

"Gempa tektonik dengan kekuatan 2,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Sumedang. Getaran terasa di Sumedang dengan intensitas II-III MMI. Belum ada laporan kerusakan pada bangunan."

Tech | 24 May 2024, 02:41

Gempa tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang dengan kekuatan bermagnitudo 2,8. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat waktu kejadian gempa pada Kamis, 23 Mei 2024, pukul 15.27 WIB.

Berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, getaran lindu terasa di Sumedang dengan intensitas II-III MMI. Sebagian orang merasakan goyangan bumi dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang, hingga getarannya terasa di dalam rumah seakan ada truk yang lewat.

Sejauh ini, menurut BMKG, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan pada bangunan. "Gempa tergolong dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat," kata Hartanto, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan lewat keterangan tertulis, Kamis.

Dari hasil analisa BMKG, pusat gempa di darat itu berjarak sekitar 5 kilometer arah timur laut dari pusat Kabupaten Sumedang dari kedalaman 14 kilometer. Titik koordinat pusat sumber gempa atau episenternya, yaitu 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,95 derajat Bujur Timur. Hingga pukul 15.53 WIB dilaporkan nihil aktivitas gempa bumi susulan.

Sebelumnya, pada 18 Mei lalu, warga Sumedang merasakan guncangan kuat dari gempa bermagnitudo 3,5 yang muncul Sabtu dini hari pukul 02.54 WIB. Skala intensitas gempanya antara III - IV MMI. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu hingga dirasakan oleh orang banyak hingga bisa memecahkan gerabah dan membuat jendela atau pintu berderik serta dinding berbunyi.

Adapun di Cimalaka, Situraja, Jatimulya, getaran gempa berskala intensitas III MMI. Wilayah terdekat yang ikut merasakan gempa di Sumedang itu adalah Bandung dengan skala intensitas II MMI. Guncangan hanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Pusat sumber gempa pada koordinat 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,94 derajat Bujur Timur. Titiknya tidak jauh dari pusat sumber gempa yang terbaru. Pun gempa bermagnitudo 4,5 yang merusak bangunan warga pada Senin malam, 1 Januari 2023 pukul 20.46 WIB. Sumber gempanya berada pada titik koordinat 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,92 derajat Bujur Timur.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya