7 Cara Mengatasi Cantengan Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

"Cantengan merupakan gangguan yang terjadi pada kuku, dan dapat menimbulkan rasa sakit serta nyeri yang sangat luar biasa."

Life | 11 March 2022, 11:37
7 Cara Mengatasi Cantengan Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Cantengan merupakan kondisi tumbuhnya salah satu sisi pada kuku atau ujung kuku ke dalam daging di sekitar kuku. Kondisi ini dapat ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan, di area sekitar kuku yang mengalami cantengan. Cantengan seringkali dapat terjadi pada salah satu kuku ibu jari kaki. Cantengan memang bukan termasuk kondisi yang berbahaya namun tetap harus diwaspadai.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit, nyeri, serta nyut-nyutan. Infeksi pada cantengan dapat menjadi parah jika tidak segera mendapat penanganan, cantengan tumbuhnya kuku dan masuk ke bagian dalam daging di bawah kuku. Jika kondisi ini sudah parah, dapat memerlukan juga operasi. Ketika sedang terjadi cantengan di jempol kaki yang masih ringan, sebaiknya segera diatasi agar tidak parah dan berbahaya.

Ketika sedang terjadi cantengan pada salah satu kuku baik kaki maupun tangan, aktivitas sehari-hari dapat terganggu karena rasa nyeri yang ditimbulkannya. Cantengan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak mendapat penanganan yang tepat, pasalnya dapat terasa sakit ketika digunakan untuk berjalan dan beberapa aktivitas lainnya.

Baik kaki maupun tangan, jika tidak terjaga dengan baik dapat memiliki risiko yang sangat tinggi terserang cantengan. Jika sudah terjadi masalah ini perlu ditangani sendiri ketika masih tergolong cantengan ringan, agar tidak terjadi cantengan yang lebih serius. Tumbuhnya kuku masuk ke bagian dalam daging dapat menimbulkan masalah cantengan. Untuk mengatasinya, perlu mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab terjadinya cantengan

Salah satu penyebab terjadinya cantengan pada kuku tangan maupun kaki ialah tumbuhnya kuku yang masuk ke dalam dan tumbuh dengan daging. Akan tetapi hal itu bukan menjadi satu-satunya penyebab. Masih ada beberapa penyebab lain yang perlu diketahui. Berikut ini penyebab terjadinya cantengan yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Memotong kuku kaki dan dengan cara yang salah, misalnya kebiasaan memotong kuku kaki dan tangan yang terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, dapat menjadi penyebab cantengan yang sering terjadi. Selain itu juga dapat menyebabkan pertumbuhan kuku di jari kaki maupun tangan kurang normal.

- Melakukan perawatan pendikur kuku yang salah, kondisi ini bagi para pecinta perawatan pedikur pada bagian kaki dan tangan juga dapat menimbulkan risiko cantengan. Maka perlu memastikan agar melakukan perawatan pendikur dengan orang yang tepat, sehingga terhindar dari cantengan.

- Faktor keturunan, penyebab cantengan pada kuku sulit dihindari adalah faktor keturunan. Jika ada salah satu anggota keluarga, misalnya orang tua yang memiliki cantengan, maka risiko seorang anak akan mengalami cantengan lebih besar.

- Adanya jamur dan bakteri, pada umumnya kondisi ini biasanya terjadi kepada orang yang serings bekerja di dalam air. Jari yang basah akibat berendam dalam waktu lama dapat melemahkan kutikula kuku yang berfungsi sebagai pelindung alami. Sehingga dapat mengalami infeksi bakteri dan jamur pada kuku yang menyebabkan cantengan.

- Cedera pada jempol kaki dan tangan, cedera pada jempol kaki dan tangan akibat tersandung atau beberapa hal lainnya yang dapat memicu kerusakan kuku kaki dan tangan. Kondisi ini menjadi penyebab cantengan.

- Ukuran jari jempol kaki atau tangan yang kurang seimbang, misalnya suatu kondisi tidak seimbangan antara jempol dan kuku. Kondisi ini dapat menjadi salah satu penyebab cantengan di jempol kaki maupun tangan. Ukuran jari kaki atau tangan yang kurang seimbang dengan kuku dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki dan tangan.

- Kelainan kuku kaki dan tangan, misalnya terjadi cedera kuku pada kaki atau tangan bisa menjadi salah satu penyebab cantengan karena kuku tumbuh melengkung ke dala. Kuku pada kaki atau tangan yang tumbuh ke dalam jaringan kulit dapat meningkatkan risiko peradangan dan kemungkinan infeksi pada jempol kaki atau tangan.

- Kebersihan kuku pada tangan atau kaki kurang terjaga, cantengan jempol di kaki maupun tangan, dapat disebabkan kulit kaki atau tangan yang terlalu lembab, hangat, kurang bersih, atau keringat berlebihan. Kaki atau tangan harus sering dibersihkan secara teratur sehingga terjaga dan terhindar dari cantengan.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki maupun tangan. Waspadailah beberapa kebiasaan yang kurang baik yang dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki maupun tangan. Hindari cantengan agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Cara mengatasi cantengan

Ketika cantengan tidak dapat dihindarkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan di jempol kaki maupun tangan. Cara ini dapat dilakukan sendiri dengan perawatan dari rumah, dan cara ini hanya untuk cantengan yang tergolong ringan. Berikut ini cara mengatasi cantengan :

1. Oleskan parutan kunyit

Daun.id

sumber; pexels

Kunyit termasuk jenis bumbu dapur, selain itu kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi cantengan. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit dapat mengatasi peradangan dan rasa nyeri. Cara pembutan kunyit sebagai obat cantengan sangat mudah yaitu dengan cara membuat parutan kunyit dan panaskan parutan kunyit dengan api hingga hangat. Setelah dingin gunakan untuk mengoleskan cantengan pada tangan atau kaki.

2. Meminum obat pereda nyeri

Ketika seseorang sedang mengalami cantengan, baik di kaki maupun tangan. Kondisi ini dapat terjadi bengkak serta diiringi rasa nyeri yang sangat luar biasa. Minumlah obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat membantu mengurangi rasa sakit pada cantengan di jempol kaki maupun tangan. Selain itu, minum obat ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang sedang terjadi.

3. Oleskan cantengan dengan cuka apel

Daun.id

sumber; pexels

Cara mengatasi cantengan secara alami ialah dengan mengoleskan cuka apel pada area cantengan. Cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi cantengan karena mengandung antimikroba dan antibakteri yang alami, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan cara merendam kain lembut atau kapas pada cuka apel, setelah itu ditempelkan pada bagian cantengan.

4. Oleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya diketahui mampu membantu untuk mendinginkan kondisi kulit, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada cantengan yang terjadi pada tangan maupun kaki. Selain itu, gel lidah buaya memiliki banyak kandungan antibakteri dan antiseptik alami serta mengandung antioksi dan polyphenol untuk mengurangi inflamasi akibat cantengan di jempol kaki maupun tangan.

5. Oleskan antiseptik

Daun.id

sumber; pixabay

Penggunaan antiseptik untuk mengatasi cantengan sangat cukup mudah, carilah kapas yang lembut untuk dicelupkan ke dalam cairan antiseptik. Kemudian taruh di antara kuku dan kulit jari jempol tangan atau kaki. Sehingga kuku yang tumbuh menembus kulit dapat lebih mudah diatasi dan mencegah peradangan. Antiseptik juga dapat melawan bakteri dan kuman yang menginfeksi dan menyebabkan cantengan pada kaki dan tangan.

6. Rendam cantengan dengan air hangat

Rendamlah cantengan dengan menggunakan air hangat dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat cantengan di jempol kaki maupun tangan. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok garam pada rendaman air hangat hingga merata. Setelah itu rendam cantengan 15 hingga 20 menit. Dengan begitu, kondisi ini dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada kuku dan mengatasi cantengan di jempol kaki atau tangan.

7. Oleskan tea tree oil

Daun.id

sumber; pexels

Minyak pohon teh selain baik untuk kesehatan wajah, juga dapat digunakan untuk mengatasi cantengan. Tea tree oil memiliki kandungan yang berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa nyeri pada cantengan. Cara menggunakannya dengan menaruh beberapa tetes tea tree oil pada kain kasa lalu balutkan pada cantengan.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi cantengan, cantengan biasanya dapat terjadi pada jempol kaki maupun tangan. Jika masih kesulitan dalam mengatasi cantengan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Agar mendapat resep dan perawatan lebih lanjut dalam mengatasi cantengan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya