5 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

"Tak perlu pusing jika penyimpanan penuh."

Tech | 15 March 2022, 19:41
5 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Penyimpanan internal dan RAM dapat kian menumpuk setiap harinya apabila tidak segera dibersihkan secara rutin. Akan tetapi, jika kamu hendak menghapus aplikasi yang telah terinstall itu bukan merupakan satu-satunya cara mengosongkan ruang penyimpanan supaya dapat berkurang. Sehingga, kamu juga dapat melakukan cara mengosongkan ruang menyimpanan tanpa menghapus aplikasi.

Semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka akan membuat data yang tersimpan di ruang penyimpanan ponsel semakin penuh. Tak jarang hal tersebut menyebabkan lag pada ponsel bahkan aplikasi yang sedang berjalan harus dilakukan force close atau ditutup secara paksa.

Adapun cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, yakni dengan berikut ini seperti:

1. Cadangkan foto ke Google Photos

Daun.id

Sumber: Google Photos

Selfie atau swafoto adalah kebiasaan umum yang sering dilakukan saat tengah berwisata atau berada di tempat yang menarik. Akan tetapi, biasanya berfoto dapat menyebabkan memori di HP kamu dapat cepat penuh.

Cara mengunggah foto pada cadangan Google Photos cukup mudah, bukalah Google Photos, klik menu Settings dan nyalakan saklar pada menu Back up & sync. Secara otomatis foto yang tadinya terdapat pada ruang penyimpanan bisa tersimpan ke Google Photos. Sehingga, kamu dapat menghapus foto yang terdapat pada ruang penyimpanan HP.

2. Pindahkan aplikasi menuju memori eksternal

Apabila kamu telah memiliki memori eksternal atau memori card, maka kamu bisa memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal.

Lakukan langkah-langkah memindahkannya dengan cara, yakni:

- Buka ponsel.
- Masuk ke menu setting atau pengaturan.
- Klik aplikasi yang hendak kamu pindahkan, misalnya: Instagram.
- Tekan Instagram dan pindahkan program dengan cara Move to SD Card supaya beralih ke Memori Eksternal SD Card (memori internal).
- Setelah proses pemindahan selesai, aplikasi yang terinstal sudah berpindah penyimpanan ke memori eksternal.

3. Hapus chace

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi ialah dengan menghapus. Chace tak selamanya diperlukan, sehingga perlu dibersihkan dengan rutin guna mempercepat jalannya ponsel. Caranya seperti berikut ini:

- Aktifkan handphone.
- Masuk pada setting.
- Tekan manajemen aplikasi atau pengelolaan aplikasi.
- Pilih salah satu aplikasi yang hendak dibersihkan, misalnya: Chrome.
- Lihat detailnya.
- Tekan hapus chace.

Kamu dapat melakukan cara tersebut bagi semua aplikasi yang terinstal pada handphone kamu.

4. Memindahkan ke Google Drive

Caramengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi selanjutnya ialah dengan memindahkan data ke Google Drive. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu membuka Google Drive dan menekan tambah file. Maka, file yang dipilih akan diunggah ke Google Drive.

5. Pindahkan lokasi penyimpanan otomatis ke Memori Card/SD Card

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebagian besar ponsel dapat langsung otomatis menyimpan foto, video, dan hasil download pada memori internal. Dalam menghemat ruang penyimpanan memori internal, kamu perlu melakukan pengaturan tambahan supaya data dapat tersimpan dengan otomatis ke memori eksternal (SD Card)

Lakukan langkah-langkahnya, yakni:

- Buka ponsel.
- Klik Camera.
- Pilih Setting atau Pengaturan.
- Klik menu penyimpanan otomatis menjadi SD Card, supaya hasil foto kamera dapat langsung tersimpan ke memori eksternal.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya