8 Tanda Kecerdasan dan Kejeniusan Menurut Para Neurosains

"Menurut para ahli neurosains, ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan tingkat kecerdasan dan kejeniusan seseorang."

News | 10 July 2024, 23:48
8 Tanda Kecerdasan dan Kejeniusan Menurut Para Neurosains

Dalam bidang neurosains, terdapat beberapa tanda yang dapat menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang. Meskipun kita cenderung menganggap 'cerdas' dan 'inteligensia' sebagai hal yang sama, sebenarnya keduanya adalah dua kualitas yang berbeda. Cerdas mengacu pada seberapa banyak seseorang telah belajar, sedangkan inteligensia lebih tentang kemampuan alami seseorang untuk belajar. Berikut adalah delapan tanda yang menurut para neurosains dapat menjadi indikasi kecerdasan dan kejeniusan seseorang.

1. Pikiran Terbuka

Individu dengan kecerdasan tinggi umumnya lebih terbuka terhadap pengalaman dan ide-ide baru. Mereka juga lebih ingin tahu dan tertarik untuk memahami mekanisme di balik cara kerja suatu hal. Sebuah studi pada tahun 2016 yang mengikuti lebih dari 5.000 orang selama sekitar 50 tahun menemukan bahwa anak-anak dengan kecerdasan tinggi tetap terbuka terhadap ide-ide baru saat mereka dewasa.

2. Berpikir Luas

Orang dengan kecerdasan tinggi mampu mempersepsi informasi dari sudut pandang yang berbeda dengan mereka sendiri dan dapat menyesuaikan cara mereka melihat sesuatu. Hal ini dikenal sebagai 'reframing' dalam psikologi, yaitu mencoba melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan solusi.

3. Ruangan Berantakan

Tidak semua orang dengan IQ tinggi menikmati memiliki ruang kerja yang berantakan, tetapi penelitian yang berulang kali dilakukan menunjukkan bahwa individu dengan kecerdasan tinggi cenderung memiliki ruang yang lebih berantakan. Kebiasaan ini mungkin mencerminkan cara berpikir yang kompleks dan tidak konvensional.

4. Begadang

Penelitian juga menghubungkan kecerdasan tinggi dengan kebiasaan begadang. Meskipun mungkin tidak ideal untuk kesehatan fisik atau komitmen olahraga pagi, ini dapat menjelaskan mengapa seseorang cenderung tetap terjaga ketika orang lain sudah tertidur.

5. Kecemasan yang Sering

Meskipun tidak perlu menjadi orang yang cemas untuk menjadi cerdas, kecemasan dapat menjadi tanda bahwa seseorang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Sebuah laporan pada tahun 2015 yang menguji gangguan kecemasan umum dan depresi menemukan bahwa kecerdasan verbal memprediksi kecenderungan yang lebih besar untuk khawatir atau merenung.

6. Memori yang Baik

Ada beberapa jenis memori, seperti memori jangka pendek dan jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang cenderung mengingat informasi dengan baik, itu dapat menjadi tanda kecerdasan tinggi. Kemampuan untuk menyimpan informasi ini memungkinkan mereka menggunakan pengetahuan tersebut secara efektif dalam berbagai situasi.

7. Menghargai Kesendirian

Orang-orang yang sangat cerdas cenderung menghargai waktu sendirian karena memberi mereka kesempatan untuk berpikir secara mendalam, mengeksplorasi minat unik, dan mengasah keterampilan kognitif mereka. Mereka bukan orang yang acuh atau egois; mereka hanya memahami dan menghargai kebutuhan akan waktu dan ruang bagi diri mereka sendiri.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang dengan kecerdasan tinggi menghindari sosialisasi sepenuhnya. Beberapa orang dengan IQ tinggi masih menikmati interaksi sosial, tetapi mereka mungkin lebih selektif dalam memilih teman dan lingkungan sosial mereka. Mereka mencari orang yang dapat memahami minat dan pemikiran kompleks mereka. Oleh karena itu, mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian untuk mengeksplorasi minat mereka tanpa gangguan.

8. Mudah Percaya

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kecerdasan tinggi mungkin menjadi penilai yang baik tentang seberapa dapat dipercaya orang lain. Oleh karena itu, mereka biasanya memilih untuk mengelilingi diri dengan orang-orang yang dapat mereka percayai sepenuhnya. Ini mungkin juga menjadi alasan mengapa keinginan untuk bersosialisasi secara luas jarang muncul pada mereka.

Untuk mengukur kecerdasan seseorang, Dr. Rosemarie Manfredi, seorang neuropsikolog di Bensalem, PA, menyarankan untuk menghubungi seorang psikolog yang mengkhususkan diri dalam penilaian dan evaluasi. Ada berbagai jenis tes yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memastikan kecerdasan mereka.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:34 SUBUH 04:44 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:23 MAGHRIB 17:54 ISYA 19:08  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya