Teknologi Nvidia Ini Mampu Ubah Foto 2D Jadi 3D Tanpa Ribet

"Foto 3D ini bisa mengubah dunia!"

Tech | 26 March 2022, 17:00
Teknologi Nvidia Ini Mampu Ubah Foto 2D Jadi 3D Tanpa Ribet

Nvidia baru saja mengumumkan salah satu inovasinya. Kini ia mengungkap teknologi yang bisa mengubah foto 2D menjadi 3D. Nvidia menyebut terobosan ini sebagai Neural Radiance Field atau NeRF. Ia mampu mengisi kekosongan antara foto 2D dan 3D dengan kemampuan kecerdasan buatan.

Seperti apa prosesnya?

1. Foto 2D Dari berbagai sudut dikumpulkan menjadi satu.
2. NeRF kemudian menggabungkan deretan foto tersebut dan mengisi kekosongannya.
3. Sebuah scene 3D akan langsung dihasilkan dalam hitungan menit.

Model yang dihasilkan oleh NeRF sebenarnya hanya membutuhkan beberapa menit saja. Untuk beberapa kasus seperti saat subjek terhalang pillar atau benda lainnya, NeRF membutuhkan waktu beberapa jam.

NeRF bisa digunakan untuk melatih kecerdasan buatan di kendaraan otonom. Mobil dengan NeRF bisa mengenali lingkungan sekitarnya dari foto yang dihasilkan kamera. NeRF kemudian mengolah foto tersebut menjadi data 3D yang bisa dikenali oleh komputer.

Alhasil, kendaraan otonom akan lebih presisi dan aman dikendarai di jalan raya berkat teknologi ini. Nvidia sendiri juga sedang mengeksplor opsi lain seperti di bidang arsitektur, gaming, dan lain-lain. 

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya