3 Cara Menghapus Virus di Handphone, Perlu Dicoba

"Jangan khawatir jika Handpohone anda terkena virus, begini caranya."

Tech | 01 May 2022, 14:36
3 Cara Menghapus Virus di Handphone, Perlu Dicoba

Handphone yang terserang virus dapat dialami oleh siapapun, namun ada sebagian orang yang masih merasa bingung bagaimana cara menghilangkan virus ini. Virus tentunya merupakan penyakit pada handphone yang dapat memperlambat sistem handphone bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Saat terkenan virus, hanphone tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan perkembangan pesat teknologi, virus di hp android pun semakin bertambah juga. Perlu anda ketahui, Android menggunakas sistem operasi dan terhubung ke internet, maka bisa jadi ada orang jahat di luar sana yang iseng menyusupkan program jahat seperti virus, trojan, hingga malware. Masalah ini tentu tak bisa dianggap sepele karena selain bisa bikin hp Android semakin lambat, virus dan malware juga bisa mencuri data-data penting dari handphone anda.

Cara Menghapus Virus di Handphone
Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, ada baiknya anda melakukan pencegahan dini, yaitu dengan menginstal aplikasi dari Google Play Store dan jangan mengakses sembarang link atau situs baik dari browser maupun layanan perpesanan instan.

Jika Handphone anda sudah terlanjur terkena virus dan malware, anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Menginstal Aplikasi Antivirus
Daun.id

istimewa

Cara yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi antivirus di Google Play Store maupun di App Store. Ada berbagai pilihan aplikasi antivirus yang dapat anda pilih sesuai dengan yang anda butuhkan. Anda dapat terlebih dahulu melihat review-review mengenai aplikasi tersebut untuk mengetahui aplikasi mana yang lebih diperlukan.

Aplikasi antivirus dapat bekerja setiap saat dan memantau seketika aplikasi yang baru terpasang di handphone. Aplikasi antivirus akan langsung menghapus suatu aplikasi atau program apabila aplikasi atau program tersebut terlihat mencurigakan. Langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah adanya program atau aplikasi yang mencurigakan adalah dengan membatasi aplikasi atau program yang diinstal hanya berasal dari sumber yang terpercaya.

2. Membersihkan cache dan unduhan
Daun.id

istimewa

Biasanya, virus muncul ketika pengguna menjelajahi internet dan mengunjungi website tertentu. Virus yang dibawa tersebut otomatis akan menjangkit sistem pada perangkat dan bisa menimbulkan kerusakan. Beberapa jenis virus seperti adware, dapat bersembunyi di browser anda. Jika anda melihat banyak iklan pop-up atau dialihkan ke situs yang berbeda dari yang semula ingin anda kunjungi, saatnya menghapus Chrome untuk menghapus malware di sana, dan jangan lupa untuk menghapus cache yang berasal dari riwayat pencarian.

3. Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan
Virus juga dapat berasal dari aplikasi mencurigakan yang diinstal dari sumber yang tidak terpercaya. Oleh karena itu, sebelum virus semakin merusak perangkat sistem, sebisa mungkin untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Selain itu, ada beberapa aplikasi antivirus yang memiliki fitur otomatis untuk mengetahui potensi aplikasi yang mengandung virus, sehingga apabila bbenar terdeteksi terdapat virus pada aplikasi tersebut, maka aplikasi antivirus otomatis akan menghapus aplikasi tersebut.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 11 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:47 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya