5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer sampai Bersih, Mudah dan Simpel

"Salah satu yang menyebabkan komputer menjadi lemot adalah adanya virus shortcut, begini cara menghapusnya."

Tech | 17 May 2022, 06:45
5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer sampai Bersih, Mudah dan Simpel

Virus shortcut pada komputer adalah penyebab dari berkurangnya produktifitas komputer. Sehingga agar produktifitas komputer dapat kembali menjadi normal, Anda harus menghapus virus shortcut tersebut. Cara penyebaran virus shortcut ini ada beberapa macam, yaitu melalui dari flash disk, atau melalui sebuah website.

Untuk menghapus virus shortcuttersebut, Anda perlu melakukan beberapa hal agar virus shortcut di komputer terhapus sampai bersih.

Cara Menghapus Virus Shortcurt di Komputer Sampai Bersih
Berikut di bawah ini beberapa metode simple yang dapat Anda terapkan dalam membersihkan virus jenis shortcut, diantarnya yaitu:

1. Melalui %temp%
Yang terakhir adalah dengan mengetik %temp% setelah membuka jendela run. Membuka jendela mudah, sama dengan cara di atas yakni tekan tombol windows+R. Setelah mengetik %temp% kemudian enter. Cari file yang sama dengan di cara nomor 4 yaitu nkvasyoxww.vbs. Kemudian delete file tersebut.

2. Melalui Fitur Msconfig
Tekan windows dan R secara bersamaan pada keyboard di PC atau komputer pengguna. Di jendela tampilan yang ada kolom pencariannya, silakan ketik msconfig kemudian enter. Tampilan jendela baru selanjutnya yaitu system configuration.

Pilih menu Starup kemudian klik yang open task manager. Pada menu selanjutnya carilah yang tulisan nkvasyoxww.vbs. Lalu arahkan krusor pada file tersebut kemudian tekan delete pada keyboard. Pastikan delete berhasil dan tunggu hingga selesai.

3. Melalui Regedit

Tekan widows dan R maka akan muncul tampilan selanjutnya. Kedua, pada tampilan tersebut ada kolom pencarian, pengguna silakan ketik regedit. Lalu klik enter pada keyboard. Ketiga, muncul jendela registry editor, pada jendela tersebut cari yang HKEY_CURRENT_USER.

Keempat, kemudian cari regitry key yang memiliki nama yang aneh seperti yang ber tuliskan cbxghsrjgbdds. Selanjutnya klik kanan dan pilih delete. Silahkan tunggu proses hingga selesai.

4. Melalui CTRL+ALT
Tekan CTRL dan ALT dan delete bersamaan. Klik kanan di taskbarnya kemudian pilih yang task manager. Pada menu yang muncul setelahnya klik Processes dan pilihlah Wscript.exe dan kemudian pilih tulisan end task. Proses sedang berlangsung, tunggu beberapa saat dan coba lihat apakah flash disk sudah bisa dibuka.

5. Melalui Menu Star
Caranya adalah buka PC atau komputer yang sudah dimaskuki flash disknya. Kemudian klik menu start yang ada dibagian kiri bawah. Pada pencarian silakan ketik CMD lalu akan muncul tampilan beberapa pilihan menu di atasnya. Klik kanan pada menu yang bertuliskan Command Promt. Klik lagi tulisan run as administrator. Akan muncul tampilan selanjutnya. Pengguna silakan ketik lokasi flash disknya.
 
Biasanya posisinya pada E atau F. Selanjutnya ketik del *.Ink kemudian klik pada keyboard enter. Lalu silakan ketik lagi attrib –s –r –h *.* /s /d /l tekan enter kemudian. Tunggu prosesnya selesai.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya