7 Cara Menghapus Rekaman CCTV, Kenali Komponen di Dalamnya

"Ada beberapa komponen penting yang perlu Anda ketahui sebelum menghapus rekaman CCTV."

Tech | 18 May 2022, 16:03
7 Cara Menghapus Rekaman CCTV, Kenali Komponen di Dalamnya

Kemajuan teknologi memang sangat pesat, kini orang-orang dapat memantau rumah melalui rekaman CCTV. Menurut sebagian orang CCTV adalah langkah yang aman untuk mengawasi rumah, tempat kerja, toko, dan lain sebagainya. CCTV memang layaknya sebuah benda kecil, namun mempunyai manfaat yang sangat canggih. Namun dapat mengintai segala bentuk aktivitas yang ada di sekitarnya.

Cara ini tergolong cukup simpel dan mudah yang mudah dilakukan, bahkan serba canggih. Closed Circuit Television atau yang sering disingkat dengan CCTV, merupakan keamanan lingkungan yang berbentuk teknologi. Bahkan, kini CCTV juga dapat dipantau melalui jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.

Sehingga ketika sedang melakukan perjalanan jauh, pemilik rumah, kantor, maupun toko tetap bisa memantaunya. Setiap rekaman video yang tertangkap kamera CCTV akan tersimpan di DVR (Digital Video Recorder). Suatu perangkat yang langsung tersambung dengan memori yang digunakan, seperti MicroSD, HDD, SSD, dan beberapa hal lainnya.

Daun.id

sumber; pixabay.com

CCTV secara otomatis akan menyimpan video hasil tangkapan ke DVR, setiap kali CCTV dinyalakan. Namun tekadang memori yang disediakan DVR terbatas, sehingga memori penyimpanan menjadi penuh. Ketika penyimpanan penuh, maka tidak dapat menyimpan video kembali. Sehingga pemilik CCTV perlu menghapus rekaman, agar dapat digunakan menyimpan kembali.

Cara menghapus rekaman CCTV secara manual

Guna menstabilkan kembali kinerja CCTV perlu dikelola dengan baik. Salah satu cara yang harus dilakukan ialah dengan menghapus rekaman CCTV untuk membuat ruang penyimpanan lebih lega dan dapat digunakan menyimpan rekaman terbaru. Berikut ini menghapus rekaman CCTV secara manual :

1. Pertama masuklah pada halaman DVR yang telah tersedia di DVR bagian menu.

2. Setelah masuk Menu, klik pada bagian System yang ada di dalamnya.

3. Setelah masuk menu System, klik pada bagian HDD Management.

4. Setelah itu akan muncul Delete All Items yang digunakan untuk menghapus rekaman video CCTV. Secara otomatis semua rekaman video akan terhapus.

Daun.id

sumber; pixabay.com

5. Nah, setelah itu Anda tinggal klik Restart di CCTV Anda.

6. Dalam proses ini, Anda perlu menunggu proses CCTV melakukan restart.

7. Selesai, secara otomatis rekaman CCTV akan terhapus.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika Anda ingin menghapus rekaman CCTV. Jika penyimpanan CCTV Anda sudah penuh silahkan hapus saja dengan melakukan langkah di atas.

Komponen yang terdapat pada sistem CCTV

Selain cara menghapus rekaman CCTV, Anda juga perlu mengetahui beberapa komponen yang terdapat di dalamnya. Berikut ini komponennya :

- Network camera dan analog yang berfungsi memiliki peran guna mengambil gambar.
- Digital Video Recorder (DVR) yang dapat difungsikan sebagai ruang penyimpanan yang menghubungkan dengan memori atau kartu SD atau yang lainnya.
- Hard Disk Drive (HDD) merupakan sebuah penyimpanan yang digunakan menyimpan hasil rekaman CCTV. Semakin besar kapasitasnya, maka akan semakin bagus pula kuwalitasnya.

Daun.id

sumber; pexels.com

- Coaxial cable merupakan sebuah media penghubung sinyal rekaman CCTV ke DVR.
- Power Cable, kabel yang digunakan untuk menghubungkan mesin CCTV dengan listrik untuk mendapatkan daya.
- BNC Connector sebuah konktor yang digunakan untuk dipasang pada kabel coaxia.

Itulah tips seputar cara menghapus rekaman CCTV yang dapat kami bagikan. Langkah ini dapat Anda lakukan ketika ruang penyimpanan pada CCTV sudah penuh. Selain itu, melalui ulasan di atas Anda juga dapat mengetahui komponen penting yang terdapat pada CCTV.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya