Cara Menghapus Foreign Key dengan Cepat, Mudah Sekali

"Berikut ini adalah cara menghapus foreign key sangat mudah."

Tech | 01 July 2022, 21:37
Cara Menghapus Foreign Key dengan Cepat, Mudah Sekali

Bagi mereka yang sedang mempelajari hal-hal terkait database atau pun pengkodingan, tentu sudah tidak asing dengan foreign key. Memahami fungsi dan mengetahui cara menggunakan foreign key sangat penting untuk mereka yang belajar database.

Apa Itu Foreign Key?
Jika Anda adalah seorang programmer pemula, maka sangat penting sekali untuk Anda memahami foreign key. Khususnya saat Anda hendah belajar membuat SQL database atau sedang mempelajari bahasa query.

Saat melakukan pengolahan database, tak jarang jika menemukan suatu kesalahan. Di saat inilah foreign key berperan. Dalam SQL database sistem manajamen, foreign key adalah pengenal unik atau kombinasi pengenal unik yang menghubungkan dua tabel atau lebih dalam suatu database. Foreign key juga sering disebut sebagai kunci asing.

Umumnya foreign key biasa digunakan sebagai penanda hubungan antar tabel. Tabel pertama memiliki peran utama sehingga disebut sebagai primary key di dalamnya, dan tabel kedua merupakan foreign key yang biasa disebut dengan kunci asing. Suatu tabel dapat dikatakan asing jika terdapat kolom yang merupakan rujukan terhadap tabel utama.

Pada pembahasan kali ini, Daun.id telah merangkumkan penjelasan secara singkat mengenai cara Menghapus Foreign Key.

Cara Menghapus Foreign Key
Daun.id

istimewa

Untuk dapat menghapus foreign key, Anda dapat melakukanya melalui phpmyadmin. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penghapusan Foreign Key.

1. Klik tabel yang akan di hapus relasinya.

2. Pilih tab Structure.

3. Kemudian klik Relation view.

4. Selanjutnya pilih field mana yang akan di hapus primary atau foreign key nya.

Melalui Query mysql

ketikan :

 ALTER TABLE namatabel
DROP FOREIGN KEY namafield;

contoh :

ALTER TABLE dosen
DROP FOREIGN KEY idps;

namun jika terdapat pesan “#1091 – Can’t DROP ‘nama institusi’; check that column/key exists” ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Ketikan query:
SHOW CREATE table dosen;
//catatan : dosen adalah nama tabel

2. Jika sudah di eksekusi. klik +options kemudian pilih Full texts lalu GO (eksekusi kembali) hal ini bertujuan agar query sql dapat terlihat dengan lengkap.

3. Sekarang Anda drop foreign key sesuai dengan nama field yang di tampilkan pada query.

contoh :
ALTER TABLE dosen
DROP FOREIGN KEY dosen_ibfk_1;

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya