Doa Tahiyat Akhir Teks Arab, Latin dan Artinya, Dilengkapi Rukun Sholat

"Tahiyat akhir termasuk salah satu rukun shalat yang wajib dilaksanakan."

Life | 08 July 2022, 18:59
Doa Tahiyat Akhir Teks Arab, Latin dan Artinya, Dilengkapi Rukun Sholat

Shalat lima waktu merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim. Baik itu laki-laki maupun perempuan, wajib baginya tanpa terkecuali. Dalam melakukan shalat juga ada beberapa rukun shalat yang harus terpenuhi oleh setiap muslim saat menjalankannya. Sebelum membahas doa tahiyat akhir, marilah kita mengenal rukun shalat terlebih dahulu.

Rukun shalat

Saat seseorang melaksanakan shalat ada beberapa rukun yang harus terpenuhi. Melalui kesepakatan para ulama, berikut ini 15 rukun shalat :

1. Melafalkan niat, baik di lisan maupun hati.

2. Takbiratulihram

3. Memasangkan niat bersamaan dengan takbiratulihram

4. Berdiri bagi orang yang mampu. (sesuai dengan hadits riwayat al-Bukhari yang artinya, ‘Shalatlah dengan cara berdiri, bila tak mampu, maka boleh duduk. Bila tidak mampu juga, boleh sambil tidur miring’. Selain itu juga ada riwayat an-Nasa’i, ‘jika masih tidak mampu, boleh dengan terlentang, Allah tidak membebani seseorang di luar kemampuannya’).

Daun.id

sumber; pexels.com

5. Membaca surah al-Fatihah (berdasarkan hadits pada La shalata li man lam yaqra’ bi fatihatil kitab, “Shalat tak akan sah bagi yang tidak membaca surah al-Fatihah”. Bila tidak mampu, boleh membaca ayat lain yang diketahuinya. Jika masih tak mampu, boleh berdzikir atau membaca doa-doa, dan pilihan terakhir kalau tetap tak mampu adalah berdiam sekadar waktu membaca surah al-Fatihah)

6. Melaksanakan rukuk

7. I’tidal atau berdiri dari rukuk.

8. Melaksanakan sujud.

9. Duduk di antara dua sujud.
 
10. Thuma’ninah, yaitu tenang dan tak melakukan gerakan di luar rukun shalat. (rukuk, i’tidal, sujud, dan duduk di antara dua sujud).

11. Duduk tasyahhud akhir.

12. Membaca shalawat Nabi setelah duduk tasyahhud akhir.

13. Melafalkan kalimat salam.

14. Duduk untuk membaca tasyahud akhir, shalawat Nabi, dan salam.

15. Tertib atau berurutan dalam melakukan rukun di atas.

Itulah beberapa rukun saat menjalankan ibadah shalat yang harus dilakukan bagi setiap muslim.

Doa tahiyat akhir

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam rukun shalat, seseorang diwajibkan membaca do'a tahiyat akhir, sekaligus shalawat nabi. Berikut ini teks lengkapnya :

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Teks latin; At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Artinya; "Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi [Muhammad]. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

Bacaan shalawat dalam tahiyat akhir:

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Teks latin; "Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Demikianlah bacaan atau doa tahiyat akhir lengkap teks latin, dan artinya. Membaca tahiyat akhir adalah termasuk rukun shalat, jadi wajib hukumnya untuk dibaca ketika shalat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya