Doa Sholat Taubat Teks Arab, Latin dan Artinya, Berikut Tata Caranya

"Berikut ini adalah tata cara melakukan sholat taubat beserta doa teks arab, latin dan artinya."

Life | 18 July 2022, 14:30
Doa Sholat Taubat Teks Arab, Latin dan Artinya, Berikut Tata Caranya

Sebagai manusia, sudah tentu kita adalah makhluk yang lemah dan rapuh di hadapan Allah SWT. Sudah tentu kita tidak dapat menghindar dari kesalahan-kesalahan di muka bumi. Rasulullah bersabda yang artinya: "Setiap anak Adam pernah berbuat salah dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertobat dari kesalahannya," (H.R. Tirmidzi).

Baik itu kesalahan yang disengaja atau yang tidak disengaja, setiap manusia pasti akan mengalami sebuah kesalahan dan mendapat dosa. Karena potensi kesalahan dan doa manusia dapat terjadi setiap saat, itulah mengapa kita sebagai manusia selalu dianjurkan untuk bermuhasabah dan bertaubat setelah melakukan kesalahan, baik itu yang disengaja atau tidak.

Taubat adalah perbuatan yang mulia dalam Islam. "Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai ... " (QS. At-Tahrim [66]: 8).

Taubat yang dimaksud surah At-Tahrim itu adalah taubat Nasuha. Taubat yang sebenar-benarnya, menyesali kekhilafan yang pernah dilakukan, dan tidak akan mengulangi lagi dosa yang sama. Taubat yang paling dianjurkan untuk umat Islam  adalah dengan melaksanakan sholat Taubat.

Untuk itu, berikut ini adalah niat sholat Taubat, doa sholat Taubat beserta tata cara melakukanya.

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Taubat

Daun.id

pexels.com

Berikut ini adalah niat, doa dan tata cara yang dapat kamu lakukan ketika melakukan sholat taubat.

Niat Sholat Taubat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَي

“Ushalli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’ala”.

Artinya: “Saya niat salat sunah taubat dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Doa Sholat Taubat
Setelah selesai melaksanakan sholat Taubat, berdoalah agar kamu diampuni dari segala bentuk dosa dan kesalahan. Perbanyak juga membaca dzikir dan istigfar setelah sholat Taubat. Berikut ini adalah doa setelah melaksanakan sholat Taubat.

اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عَهْدِكَ َوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

"Allahumma Anta Robbi, laa ilaaha illa Anta, holaqtani wa ana abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzubika min syarri maa shona’tu, abu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu’u laka bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa anta".

Artinya: ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hambaMu dan aku diatas ikatan janjiMu (yaitu selalu menjalankan perjanjianMu untuk beriman dan ikhlas dalam menjalankan amal ketaatan kepadaMu) dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuiMu atas nikmatMu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Tata Cara Sholat Taubat
Daun.id

pexels.com

Untuk melaksanakan sholat Taubat, berikut ini adalah tata cara pelaksanaanya. Perlu kamu ketahui sebelumnya, pelaksanaan sholat Taubat ini adalah seperti pelaksanaan sholat pada umumnya. Yaitu dimulai dari niat hingga salam.

- Membaca niat Sholat Taubat.

- Takbirotul Ihram.

- Membaca doa Istiftah/iftitah.

- Membaca surat Al Fatihah.

- Membaca surat dari Alquran.

- Rukuk.

- I'tidal (Membaca doa i'tidal).

- Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali).

- Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...').

- Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali).

- Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

- Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir).

- Salam.

- Membaca Dzikir dan Doa.

Waktu Dilarang Melaksanakan Sholat Taubat
Dikutip dari laman Mgt Gontor, terdapat waktu yang dilarang untuk menjalankan sholat sunah taubat dan sholat sunah lainnya.

- Sejak terbitnya fajar sampai terbitnya matahari.

- Apabila matahari berposisi naik sepenggalan.

- Apabila matahari terletak di tengah-tengah sampai sedikit condong.

- Di antara salat asar dan tenggelamnya matahari.

- Ketika matahari tenggelam hingga sempurna.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya