Doa Keluar Kamar Mandi Dilengkapi Etika, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Berdoalah dan menggunakan etika saat di kamar mandi, senantiasa berharap selalu mendapat kebaikan."

Life | 19 July 2022, 14:15
Doa Keluar Kamar Mandi Dilengkapi Etika, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan diri dari kotoran yang menempel pada bagian seluruh tubuh manusia. Selain itu juga memiliki fungsi untuk tempat pembuangan kotoran manusia. Jika hendak memasuki kamar mandi kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu, begitu juga ketika hendak keluar dari kamar mandi.

Saat berada di kamar mandi sebaiknya menggunakan beberapa etika atau tata krama. Agar saat beraktivitas di kamar mandi tidak menyalahi kodrat sebagai manusia. Dalam islam, ketika hendak buang air di kamar mandi telah diatur dengan beberapa etika. Salah satunya ialah berdoa sebelum keluar dari kamar mandi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Doa keluar kamar mandi

Ketika selesai buang air, saat keluar kamar mandi dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Berikut lafal doanya :

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).

Daun.id

sumber; pexels.com

Etika buang air di kamar mandi

Ada beberapa etika yang mesti dilakukan saat melakukan buang air di kamar mandi. Pembahasan ini dimulai dari ketika hendak masuk kamar mandi. Berikut ini beberapa etikanya :

1. Berdoa ketika hendak masuk toliet. Berikut ini lafal doanya :

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi.

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.

2. Mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu, baru kemudian yang kanan.

3. Membuang kotoran pada lubang kakus.

4. Membuang air dengan duduk, sekalipun itu buang air kecil.

5. Tuntaskan buang air hingga selesai, dan memastikan tidak ada kotoran yang tersisa.

6. Membersihkan jalan keluarnya kotoran (penis/vagina dan anus) atau isntinja' dengan menggunakan air. Jika tidak ada air bisa menggunakan batu atau tisu.

7. Membaca doa keluar kamar mandi seperti di atas dan mendahulukan kaki kanan saat hendak keluar.

Demikian doa keluar kamar mandi yang dilengkapi dengan etikanya. Lakukanlah, senantiasa berharap selalu mendapat kebaikan dari Allah SWT.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya