Doa Puasa Daud Teks Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

"Berpuasa daud memiliki banyak manfaat dan keutamaan."

Life | 22 July 2022, 16:20
Doa Puasa Daud Teks Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

Puasa Daud adalah salah satu puasa sunnah. Puasa Daud ini dilaksanakan dengan sehari puasa dan sehari tidak. Puasa Daud di syariatkan melalui beberapa hadist Rasulullah, salah satunya adalah:

"Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Puasalah sehari dan berbukalah sehari. Itu adalah puasanya nabi Daud as dan itu adalah puasa yang paling utama. Aku menjawab, "Aku mampu lebih dari itu". Nabi SAW bersabda, "Tidak ada lagi yang lebih utama dari itu". (HR Bukhari).

Puasa Paling Disukai Allah SWT

Daun.id

pexels.com

Puasa Daud merupakan puasa yang paling disukai oleh Allah swt. Hal ini tertuang pada HR. Bukhari yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: "Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Pada Hadist lain diriwayatkan:
لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya: "Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Pelaksanaan Puasa Daud

Pada pelaksanaan puasa Daud ini tidak berbeda dengan puasa pada umumnya, yaitu dimulai dengan membaca niat. Niat puasa daud ini sebaiknya dilaksanakan pada malam hari sampai sebelum terbit fajar.

1. Niat Puasa Daud

Adapun Niat untuk melaksanakan puasa daud sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya : "Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta'ala."

2. Makan Sahur
Sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang dilakukan mendapatkan pahala dan keberkahan. Hukumnya sunnah, sehingga jika tidak dilakukan puasanya akan tetap terhitung sah.

3. Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa
Yang dimaksud menahan diri yaitu menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka  Puasa
Waktu berbuka puasa Daud sama dengan puasa yang lainnya, yaitu ketika adzan maghrib sudah berkumandang atau pada saat terbenamnya matahari. Menyegerakan puasa sunnah itu hukumnya sunnah. Berikut adalah doa berbuka puasa:

Doa Berbuka Puasa Menurut HR Bukhari dan Muslim
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Doa Berbuka Puasa Menurut HR Abu Daud
ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Keutamaan Puasa Daud

Daun.id

pexels.com

Keutamaan puasa Daud sangat luar biasa bagi umat Islam. Berikut beberapa keutamaan puasa Daud yang perlu kamu ketahui:

- Puasa Daud dimuliakan Allah SWT

Keutamaan puasa Daud yang pertama yaitu menjadi ibadah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dari Abdullah bin Amir bin Al Ash, sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud 'alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari)

- Puasa sunah yang paling utama
Keutamaan puasa Daud ini sebagaimana yang tertuang pada salah satu hadis, yaitu:

“Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasal itulah puasa saudaraku Daud ‘alaihissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

- Dimudahkan segala urusan
Keutamaan puasa Daud berikutnya yaitu segala urusan kamu dimudahkan oleh Allah SWT. Puasa Daud dipercaya sebagai waktu di mana segala doa diijabah. Dengan memanjatkan doa dan beribadah selama puasa Daud, kamu akan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT dan akan dikabulkan segala doanya.

- Ibarat puasa setengah tahun

Keutamaan puasa Daud berikutnya adalah melaksanakannya ibarat puasa setengah tahun. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

- Mencegah sering sakit dan menguatkan fisik
Manfaat puasa Daud yang juga sangat terasa untuk kesehatan tubuh, yaitu kamu akan jarang sakit. Pelaksanaan puasa Daud bagaikan sebuah imunitas bagi tubuh.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya