Doa Sakit Gigi Teks Arab, Latin, Artinya. Disertai Tips Alami dan Obat

"Doa ini dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit gigi berlebihan."

Life | 26 July 2022, 17:54
Doa Sakit Gigi Teks Arab, Latin, Artinya. Disertai Tips Alami dan Obat

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, terutama pada orang yang kurang merawat kondisi kesehatan mulut. Ketika sakit gigi sedang menyerang dapat membuat penderitanya merasa kesakitan yang luar biasa. Hal ini tentu tak dapat disepelekan, sebab akan berdampak dan terganggunya aktivitas orang yang menderita. Bahkan dibuat makan saja, juga terasa kurang nikmat.

Salah satu penyebabnya ialah kurang terawat kesehatan mulut. Sisa makanan yang telah lama mengendap di mulut dan membuat gigi berlubang, radang akar gigi dan gusi, hingga terjadinya abses gigi. Salah satu untuk menyegah terjadinya sakit gigi ialah dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Selain ikhtiar juga dapat membaca beberapa doa di bawah ini.

Doa sakit gigi

Sakit gigi rasa sakitnya terkadang bisa menjalar sampai ke anggota tubuh yang lainnya. Selain mengatasinya dengan beberapa ikhtiar ada baiknya dengan diiringi doa. Berikut doa sakit gigi :

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir.

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai".

Nah selain dengan ikhtiar, jangan lupa berdoa saat mengatasi gigi sakit.

Doa sakit gigi yang lainnya

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

Allahumma adzhib ‘anhu suu a maa yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarokil makini ‘indaka.

Artinya: “Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ، أَنْ يُعَافِيَكَ وَيَشْفِيَكَ

As alullahl'adhimi rabbl'arsyil 'adhiim, an yu'aafiika wa yasyfiika

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung, Dzat yang menciptakan Arsy yang besar dan yang memberikan kesembuhan kepada orang yang sakit.

Doa ini tidak hanya diperuntukkan sakit gigi saja. Jika terjadi sakit pada anggota tubuh yang lainnya doa ini juga bisa digunakan.

Itulah beberapa doa-doa sakit gigi yang dapat diamalkan. Selin itu juga harus ikhtiar dengan menggunakan bebecara saat mengatasi sakit gigi.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Tips alami mengatasi sakit gigi

Terjadinya sakit gigi bisa terasa sangat nyut-nyutan hingga menjalar sampai ke anggota tubuh lainnya. Nah, untuk mengatasi hal ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan cara alami sebagai berikut :

1. Berkumur dengan menggunakan air garam, cairan ini telah terbukti mampu mengurangi rasa sakit saat terjadinya peradangan gigi.

2. Kompres dengan es batu, jika sakit gigi dapat menimbulkan kebengkaan pada pipi maka dapat dilakukan pengompresan pada area pipi dengan menggunakan es batu.

3. Mengunyah bawang putih, dipercaya memiliki sifat antiseptik dan antibiotik yang dapat melawan infeksi. Singga dapat mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi.

4. Mengunyah daun jambu biji, memiliki sifat anti radang yang dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit gigi. Caranya, cukup mengunyah tanpa harus ditelan.

5. Minum air cengkeh, gunakan setetes air cengkeh dicampur dengan segelas air hangat lalu di minum. Cengkeh dapat berperan sebagai antiseptik yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Itulah cara-cara alami yang dapat digunakan mengatasi sakit gigi.

Tips mengatasi sakit gigi dengan obat

Selain cara alami, penderita sakit gigi juga dapat mengatasinya melalui cara medis dengan menggunakan obat. Berikut ini jenis-jenis obatnya : 

- Hidrogen peroksida 3%
- Acetaminophen
- Ibuprofen
- Naproxen
- Benzocaine
- Dekongestan 

Itulah beberapa obat yang bisa didapatkan melalui apotik. Selain itu juga ada beberapa jenis obata yang diresepkan dokter sebagai berikut ini : 

- Amoxicillin
- Metronidazole
- Erythromycin
- Clindamycin
- Tetracycline
- Azithromycin.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya