Doa Nabi Musa Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Manfaatnya

"Amalkan doa Nabi Musa dan rasakan manfaatnya"

Life | 26 July 2022, 18:40
Doa Nabi Musa Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Manfaatnya

Kisah Nabi Musa AS telah banyak dikisahkan sejak kita zaman kecil dahulu. Tahukah Anda, bahwa kisahnya ini telah disebutkan di dalam Al-Qur'an surat At-Thoha. Suatu ketika Nabi Musa dihadapkan dengan seorang raja yang sangat kejam bernama Fir'aun. Seorang raja yang memberlakukan rakyatnya dengan sangat kejam.

Nabi Musa diberikan mukjizat kekuatan yang sangat luar biasa, bisa mengubah tongkat menjadi ular hingga membelah lautan. Pernah tunggang langgang dikejar-kejar Fir'aun bersama para umatnya hingga ke tepi pantai. Saat itulah Nabi musa berserah diri kepada Allah SWT. Sehingga Nabi Musa diberikan mukjizat oleh Allah SWT dapat membelah lautan.

Doa Nabi Musa

Nabi Musa AS juga pernah memanjatkan beberapa doa dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Doa tersebut tertulis dalam Al-Qur'an surat At-Thoha, seperti berikut :

رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: "Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

Doa tersebut dibaca Nabi Musa AS saat sedang berhadapan dengan raja Fir'aun.

Doa Nabi Musa memohon ampunan

Setiap manusia tak luput dari kesalahan, berikut doa nabi musa dalam memohon ampunan :

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofaro lah, innahuu huwal-ghofuurur-rohiim"

Artinya: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Qashash: 16)

Doa Nabi Musa agar terhindar dari fitnah

Doa ini dapat diamalkan oleh kita agar dihindarkan dari suatu fitnah yang keji. Berikut doa Nabi Musa dalam menghadapi Fir'aun :

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

"Fa qooluu álallohi tawakkalnaa, robbanaa laa tajálnaa fitnatal lil-qoumizh-zhoolomiin. Wa najjinaa birohmatika minal-qoumil-kaafiriin."

Artinya: "Kepada Allah lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir." (QS. Yunus: 85-66)

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa Nabi Musa memohon kebaikan

Manusia tak lepas dari kekurangan, sehingga memerlukan kebaikan dari Allah SWT. Berikut ini doanya :

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

"Robbi innuu limaaa angzalta ilayya min khoiring faqiir."

Artinya: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashash: 24)

Doa Nabi Musa memohon petunjuk

Nabi Musa juga mengamalkan doa ini dalam memohon petunjuk dari Allah SWT :

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

عَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

"Robbi najjinii minal-qoumizh-zhoolimin. Asaa robbiii ay yahdiyanii sawaaa as-sabiil."

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar." (QS. AL-Qasas: 21-22)

Manfaat mengamalkan doa Nabi Musa

Kumpulan-kumpulan doa Nabi Musa AS dapat diamalkan dan memiliki beberapa manfaat. Barang siapa mengamalkannya, bisa mendapat manfaat seperti berikut :

1. Insya Allah diberikan kemudahan dalam menghadapi ujian kehidupan. Serta diberi kelapangan hati dalam menghadapi setiap kesulitan hidup yang ada.

2. Insya Allah dimudahkan jalan dalam menghadapi suatu kerumitan masalah yang sangat sulit untuk dipecahkan. Allah akan memberikan jalan tengah dari segala kerumitan.

3. Insya Allah diberi kelapangan hati dalam melakukan dakwah islamiyah di tengah-tengah masyarakat.

4. Insya Allah dapat memudahkan untuk meluluhkan hati seseorang atau lawan bicaranya. Selain itu bisa diberikan ilmu manfaat dan dihormati banyak orang.

5. Insya Allah dapat diberikan kepercayaan diri, sehingga menjadi pribadi yang tegar dan kuat dalam menghadapi ujian. Selain itu selalu percaya di depan umum.

Demikian manfaat mengamalkan doa Nabi Musa AS. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, amalkan doa-doa Nabi Musa di atas.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya