Doa Novena Hati Kudus Yesus, Lengkap Bahasa Latin dan Artinya

"Inilah doa Novena Hati Kudus Yesus umat Katolik"

Life | 28 July 2022, 17:26
Doa Novena Hati Kudus Yesus, Lengkap Bahasa Latin dan Artinya

Doa Novena merupakan sebagai salah satu perkembangan dari praktik pendasaran Tiga Salam Maria pada tradisi Greja Katolik Roma. Sumbernya dari Santa Mechtildis dari Hackeborn pada tahun 1241-1298 M dan Santo Antonius dari Padua pada tahun 1195-1231 M. Dari doa ini juga melahirkan perkembangan Doa Malaikat Tuhan.

Umat Katolik akan diajak untuk mendaraskan doa Novena setiap tanggal 24 Juni yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Hati Kudus Yesus dalam Gereja Katolik. Ritual doa ini sebagai bentuk persiapan umat Katolik guna menyongsong Hari Raya Hati Kudus Yesus. Doa ini dianggap tak pernah gagal untuk dikabulkan oleh Allah Bapa yang Maha Kuasa.

Setiap harinya akan didoakan sebanyak 9 kali dalam jam yang sama secara terus menerus. Saat membacanya haruslah mantap dan bersungguh-sungguh. Selain itu doa ini juga memiliki tujuan khusus dalam menghormati keperawanan Maria yang tak ternoda serta selalu menjaga kemurnian pikiran, hati, dan tubuh di tengah-tengah dunia yang bahaya ini.

St. Gertude saat penampakkan, Bunda Maria pernah berjanji sebagai berikut; "Bagi setiap jiwa yang dengan setia berdoa Tiga Salam Maria, saya akan muncul pada saat kematian dalam kemegahan keindahan yang begitu luar biasa sehingga akan memenuhi jiwa dengan penghiburan Surgawi."

Panduan doa Novena di Hati Kudus Yesus

Ada beberapa panduan yang dapat dipakai untuk melaksanakan doa Novena, seperti berikut :

Daun.id

sumber; pexels.com

1. Memakai tanda salib (Signum Crucis)

Latin : In nómine Pátris et Fílii et Spíritus Sáncti. Amen.

Artinya : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

2. Syahadat Para Rasul (versi pendek)

Latin: Crédo in Déum, Pátrem omnipoténtem, Creatórem cáeli et térræ. Et in Jésum Chrístum, Fílium éjus unícum, Dóminum nóstrum: qui concéptus est de Spíritu Sáncto, nátus ex María Vírgine (berlutut)(dalam Misa, Umat harus menunduk. Spesial untuk Misa Natal, Umat berlutut.), pássus sub Póntio Piláto, crucifíxus, mórtuus, et sepúltus: descéndit ad ínferos: tértia díe resurréxit a mórtuis: ascéndit ad cáelos: sédet ad déxteram Déi Pátris omnipoténtis: índe ventúrus est judicáre vívos et mórtuos. Crédo in Spíritum Sánctum, sánctam Ecclésiam cathólicam, Sanctórum communiónem, remissiónem peccatórum, cárnis resurrectiónem, vítam ætérnam. Amen.

Artinya: Aku percaya akan Allah, Bapa yang Mahakuasa, pencipta langit dan Bumi Dan akan Yesus Kristus, PutraNya yang tunggal, Tuhan kita Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perwan Maria. Yang menderita sengsara dalam pemerintahan Ponsius Pilatus, disalibkan wafat dan dimakamkan, Yang turun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati Yang naik kesurga, duduk disebelah kanan Allah bapa yang Mahakuasa. Dari situ ia kan datang mengadili orang hidup dan mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja katolik yang Kudus, persekutuan para kudus Pengampunan Dosa, Kebangkitan badan, Kehidupan kekal. Amin.

3. Bapa Kami (Páter nóster)

Latin: Páter nóster, qui es in cáelis, sanctificétur nómen túum. Advéniat régnum túum. Fíat volúntas túa, sícut in cáelo et in térra. Pánem nóstrum quotidiánum da nóbis hódie, et dimítte nóbis débita nóstra, sícut et nos dimíttimus debitóribus nóstris. Et ne nos indúcas in tentatiónem: sed líbera nos a málo. Amen.

Artinya: Bapa Kami, yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

4. Salam Maria (Ave Maria)

Latin: Áve María, grátia pléna, Dóminus técum. Benedícta tu in muliéribus, et benedíctus frúctus véntris túi, Iésus. Sáncta María, Máter Déi, óra pro nóbis peccatóribus, nunc et in hóra mórtis nóstræ. Amen.

Artinya: Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria Bunda Allah, Doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

5. Kemuliaan (Gloria)

Latin: Gloria Patri, et Fílio, et Spirítui Sáncto. Sícut érat in princípio et nunc et sémper et in sáecula sæculórum. Amen.

Artinya: Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin

6. Novena Hati Kudus Yesus

Ya Yesus, Engkau berkata:
"Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah maka kamu akan mendapat; ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu."

Dengan perantaraan Maria Bunda-Mu tersuci aku memanggil Engkau, aku mencari dan memohon kepada-Mu, untuk mendengarkan permohonanku ini... (Sebutkan permohonanmu).

Ya Yesus, Engkau berkata:
"Apa saja yang kau minta kepada Bapa-Ku dalam nama-ku, Dia akan memberikannya kepadamu," aku mohon dengan renda hati dan penuh kepercayaan dari Bapa Surgawi dalam nama-Mu, dengan perantaraan Maria Bunda-Mu tersuci, untuk mengabulkan permohonanku ini... (Sebutkan permohonanmu)

Ya Yesus, Engkau berkata:
"Langit dan bumi akan musnah, tetapi sabda-Ku tidak akan musnah," dengan perantaraan Maria Bunda-Mu tersuci aku percaya bahwa permohonanku akan dikabulkan....(Sebutkan permohonanmu)

Yesusuku, Tuhan jiwaku, Engkau berjanji bahwa Hati Kudus-Mu akan menjadi laut kerahiman bagi orang-orang yang berharap pada-Mu, aku sungguh percaya bahwa Engkau, akan mengabulkan apa yang aku minta, walaupun itu memerlukan mukzijat.

Pada siapa aku akan mengetuk kalau bukan pada hati-Mu. Terberkatilah mereka yang berharap pada-Mu. Ya Yesus, aku persembahkan kepada hati-Mu. (penyakit ini, jiwa ini, dan permohonan ini) pandanglah dan buatlah yang hati-Mu kehendaki.

Ya Yesus, aku berharap pada-Mu dan percaya, kepada-Mu aku mempersembahkan diriku, di dalam Engkau aku merasa aman.

(1 x Bapa Kami; Salam Maria; Kemuliaan)

Hati Kudus Yesus, aku berharap pada-Mu (ulangi 10 kali dengan penuh semangat).

Ya Yesus yang baik, Engkau berkata:
"Jika Engkau hendak menyenangkan Daku, percayalah kepada-Ku. Jika engkau hendak lebih menyenangkan Daku, berharaplah pada-Ku selalu." Pada-Mu Tuhan, aku berharap, agar aku tidak binasa selamanya. Amin

Daun.id

sumber; pexels.com


Doa Kepada Hati Kudus Yesus

Ya Tuhan, aku berdoa agar di rumahku ada damai, ketenangan dan kesejahteraan di dalam naungan-Mu. Berkatilah dan lindungilah usahaku, pekerjaanku dan semua yang Kau serahkan kepadaku, segala keinginanku.

Usirlah nafsu dari dalam hatiku, rencana palsu dan pikiran jahat. Tuangkanlah di dalam hatiku, cinta kepada sesama dan anugerahilah kepadaku semangat penyerahan yang teguh, teristimewa pada saat kemalangan, agar supaya aku bangun dari kebimbangan.

Ya Tuhan, bimbinglah dan lindungilah hidupku dari bahaya-bahaya dan ketidaktentuan dunia. Jangan lupa, ya Yesusku, orang-orang yang kukasihi baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, yang menyebabkan kesedihan kami.

Tetapi kami dihibur oleh ketaatan mereka waktu mereka masih hidup, sehingga Engkau tidak menyerahkan mereka kepada maut. Kasihanilah mereka Tuhan, dan bawalah mereka kepada kemuliaan surgawi. Amin

Itulah beberapa doa Novena Hati Kudus yang dapat dipanjatkan oleh umat Katolik. Doa ini diyakini selalu terkabul dan jarang gagal.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya