Doa Takbiratul Ihram Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Lafalkan doa ini saat sholat."

Life | 29 July 2022, 20:50
Doa Takbiratul Ihram Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Takbiratul ihram adalah salah satu rukun sholat sehingga wajib dilakukan. Selain itu, takbiratul ihram ialah rukun pertama saat memulai sholat. Sehingga, hal ini penting untuk diketahui umat Islam sebab sholat sendiri merupakan salah satu perintah yang wajib dilaksanakan. Tidak hanya itu, membaca takbiratul ihram juga mempunyai keutamaan. Adapun keutamaan membaca takbiratul ihram, Rasulullah SAW bersabda:

مِفْتَاحُ الصَّلاَةِ الطُّهُورُ وَتَحْرِيمُهَا التَّكْبِيرُ وَتَحْلِيلُهَا التَّسْلِيمُ

Artinya: "Pembuka shalat adalah bersuci, yang mengharamkan dari perkara di luar shalat adalah ucapan takbir dan yang menghalalkan kembali adalah ucapan salam." (HR Tirmidzi).

Doa takbiratul ihram
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُ أَكْبَرُ

Allaahu akbar

Artinya: "Allah Maha Besar."

Selain doa takbiratul ikhram, kamu juga perlu mengatahui doa iftitah sebagai berikut ini:

Doa iftitah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

لهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً .إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allahu akbar, kabirau walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukrotaw washila

Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin

Inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin la syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin

Artinya: "Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang.

Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim.”

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya