Doa Untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artrinya

"Salah satu cara berbakti kepada kedua orang tua ialah dengan cara mendoakannya."

Life | 01 August 2022, 18:05
Doa Untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artrinya

Berbakti kepada kedua orang tua hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim. Terutama berbakti kepada seorang ibu yang telah bersusah payah melahirkan kita. Selama masih hidup perlakukanlah seorang ibu dengan baik dan penuh dengan tadzim. Namun berbeda lagi jika seorang ibu sudah meninggal, lantas bagaimana cara berbakti kepada ibu yang telah meninggal?.

Salah satu bentuk bakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia ialah mendoakannya. Begitu juga kepada seorang ibu yang sudah meninggal dunia, seorang anak bisa mendoakannya dalam setiap waktu. Terlebih seusai melaksanakan sholat lima waktu, sebab doa orang yang masih hidup dapat sampai kepada sang ibu yang telah meninggal.

Menurut Syekh M Nawai Banten sebagai berikut ini ;

هَدَايَا الْأَحْيَاءِ لِلْأَمْوَاتِ الدُّعَاءُ وَالْإِسْتِغْفَارُ

Artinya, “Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istighfar) untuk mereka,” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr: tt], halaman 281).

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa untuk ibu yang sudah meninggal

Dalam berbakti kepada ibu yang telah meninggal, seorang anak dapat mendoakannya melalui doa di bawah ini :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlaha warhamha wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wa wassi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a’idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya: Ya Allah, ya Tuhanku ampunilah dia, dan berikanlah rahmat untuknya, selamatkanlah dirinya, maafkanlah dirinya seta tempatkanlah dia di tempat yang mulia (surga), perluaslah kuburannya, mandikan dirinya dengan air dari salju serta dari es. Bersihkan dirinya dari seluruh kesalahan seperti Engkai membersihkan baju-baju yang putih dari kotoran, lalu berilah rumah yang jauh lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah dirinya keluarga yang lebih baik daripada yang ia miliki di dunia, pasangkanlah dia dengan yang lebih baik dariapada pasangan yang ia miliki di dunia, serta masukanlah dia ke surga dan jagalah dia dari siksa kubur dan siksa api neraka.

Doa ini dapat dibacakan dan ditunjukkan kepada seorang ibu yang telah meninggal. Nah, itu salah satu langkah untuk berbakti kepada ibu yang telah meninggal dunia.

Doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal

Doa ini tertulis dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 41, berikut ini bunyinya :

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: Ya Rabb, ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepada aku dan kedua ibu bapakku sekligus kepada orang-orang mukmin ketika terjadinya hari hisab atau hari kiamat. (Quran surat Ibrahim: 41).

Daun.id

sumber; pexels.com

Cara berbakti kepada kedua orang tua yang telah meninggal

Rasulullah mengajarkan beberapa doa kepada kita tentang cara berbakti kepada kedua orang tua yang telah meninggal. Berikut ini caranya :

1. Mendoakan kedua orang tua yang telah meninggal
2. Memohon ampunan kepada Allah untuk kedua orang tua yang telah meninggal.
3. Menunaikan janji kedua orang tua dan teman-teman mereka semasa hidupnya.
4. Menjalin sillaturrahiim dengan orang-orang yang bukan saudara namun dekat melalui perantara kedua orang tua semasa hidupnya.

Itulah cara berbakti kepada kedua orang tua yang telah meninggal dunia. Cara ini sesuai dengan hadits riwayat, seperti berikut :

بَيْنَمَا أَنَا جَالِسٌ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، هَلْ بَقِيَ عَلَيَّ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ بَعْدَ مَوْتِهِمَا أَبَرُّهُمَا بِهِ؟ قَالَ: " نَعَمْ خِصَالٌ أَرْبَعَةٌ: الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا، وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا، وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا، وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا، وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا رَحِمَ لَكَ إِلَّا مِنْ قِبَلِهِمَا، فَهُوَ الَّذِي بَقِيَ عَلَيْكَ مِنْ بِرِّهِمَا بَعْدَ مَوْتِهِمَا

Artinya: “Suatu ketika saya sedang duduk-duduk bersama Rasulullah ﷺ. Tiba-tiba ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar sowan. Ia bertanya kepada Rasul, ‘Ya Rasul, apakah saya bisa berbaik budi kepada kedua orang tua saya yang sudah meninggal?’ Rasul lalu menjawab, ‘Iya, ada empat hal, yaitu (1) mendoakan mereka, (2) memohonkan ampunan untuk keduanya, (3) menunaikan janji mereka dan memuliakan teman mereka, dan (4) menjalin silaturahim dengan orang-orang yang tidak akan menjadi saudaramu kecuali melalui perantara ayah-ibumu. Itulah budi baik yang harus kamu lakukan setelah mereka meninggal’.” (Musnad Ahmad: 16059)

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya