Doa Ziarah Kubur Orang Tua Sesuai Sunnah, Ketahui Keutamaannya

"Baca doa ini saat berziarah ke kuburan orang tua."

Life | 01 August 2022, 18:41
Doa Ziarah Kubur Orang Tua Sesuai Sunnah, Ketahui Keutamaannya

Ziarah adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh umat muslim. Hal tersebut memiliki tujuan guna mendoakan orang tua yang telah tiada. Dalam sebuah hadis menyatakan terkait anjuran berziarah, yakni:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً   

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim)

Selain itu mam Al-Ghazali juga mengatakan, bahwa: 

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار   

Artinya: “Ziarah kubur disunnahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang shalih disunnahkan dengan tujuan untuk tabarruk (mendapatkan barakah) serta pelajaran." (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Dien, juz 4, hal. 521)

Doa ziarah kubur orang tua
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Adab ziarah kubur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun beberapa adab yang harus kamu lakukan saat ziarah kubur:

- Berwudhu dulu sebelum ke makam guna berziarah.
- Seusai peziarah telah sampai di kuburan, diajurkan memberi salam dan mendoakannya.
- Saat telah berada di makam yang akan di ziarahi, lalu menghadap ke arah muka mayit ( menghadap ke arah timur), serta mengucapkan salam khususnya kepada si mayit: kepada ayah atau ibu atau seseorang.
- Usai mengucapkan salam, kemudian berdoa, dan dengan membaca doa saat masuk area pemakaman sehingga, ia memohon ampunan maghfirah oleh semua orang mukmin yang sudah meninggal sejak Nabi Adam.
- Membaca ayat-ayat atau surat-surat dari al-quran, seperti membaca surat Yasin, ayat kursi atau membaca Tahlil dan lain-lain.
- Selanjutnya, berdoa memohon kepada Allah guna mendoakan dirinya sendiri dan yang diziarahi. Atau jika ziarah ke makam wali dan ulama, berdoa bagi dirinya dengan wasilah perantaraan para wali dan ulama, harapannya doa dapat mudah terkabul berkat wasilah kepada para kekasih Allah itu.
- Saat berziarah, seharusnya dilaksanakan dengan penuh hormat dan khidmat serta khusyu (tenang).
- Disarankan agar dalam hati terdapat ingatan bahwa peziarah pasti akan mengalami mati.
- Dianjurkan tidak duduk di atas batu niasan kuburan dan melewati di atasnya, sebab hal tersebut adalah perbuatan idza (menyakitkan) bagi mayit.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya