Doa Sholat Jenazah Perempuan Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Baca doa sholat jenazah perempuan yang tepat."

Life | 08 August 2022, 13:00
Doa Sholat Jenazah Perempuan Teks Arab, Latin, dan Artinya

Melaksankan sholat jenazah merupakan sholat yang berbeda dengan sholat pada umumnya. Tidak hanya gerakannya yang berbeda tetapi bacaannya juga tidak sama, sehingga kamu dapat mengetahui caranya.

Adapun dalil mengenai sholat jenazah yakni dengan cara berikut ini:

عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أُتِيَ بِجَنَازَةٍ لِيُصَلِّيَ عَلَيْهَا ، فَقَالَ : هَلْ عَلَيْهِ مِنْ دَيْنٍ ؟ قَالُوا : لاَ فَصَلَّى عَلَيْهِ ثُمَّ أُتِيَ بِجَنَازَةٍ أُخْرَى ، فَقَالَ : هَلْ عَلَيْهِ مَنْ دَيْنٍ قَالُوا نَعَمْ قَالَ صَلُّوا عَلَى صَاحِبِكُمْ قَالَ أَبُو قَتَادَةَ عَلَيَّ دَيْنُهُ يَا رَسُولَ اللهِ فَصَلَّى عَلَيْهِ – رواه البخاري

Arinya: Dari Salamah bin al-Akwa’ r.a., ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah didatangkan seorang jenazah, agar beliau menshalatinya. Lantas beliau bertanya, ‘Apakah orang ini punya hutang . Mereka menjawab: “Tidak” , maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyolatkan jenazah tersebut.  Kemudian didatangkan jenazah yang lain. Beliau bertanya: “ Apakah dia punya hutang. Mereka menjawab: “ Ya”. Beliau berkata , ‘Shalatkanlah sahabat kalian.’ Abu Qatadah berkata:” Saya yang menanggung hutangnya wahai Rasulullah.”. Lalu beliau menyolatkan jenazah tersebut. (HR. Bukhari).

Doa sholat jenazah perempuan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

أُصَلِّي عَلَى هٰذِهِ الـمَيِّتَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

Tata cara mensyalati jenazah perempuan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini cara mensyalati jenazah perempuan, yaitu:

- Niat dan doa-doa pada sholat jenazah seharusnya disesuaikan dengan jenis kelamin jenazah, yakni perempuan. Contohnya bacaan niat menjadi: Ushalli ‘ala hâdzihil mayyitati ar-ba’a takbirâtin fardhal kifâyati lillâhi ta’âla … Maka baca doa menjadi: Allâummaghfirlahâ war hamhâ wa ‘âfihâ wa’fu ‘anhâ …
- Imam atau orang yang sholat jenazah sendirian (munfarid), berdiri pada posisi tepat di arah pantat jenazah. (Sulaiman bin Umar al-‘Ajili, Hâsyiyatul Jamâl, [Beirut, Dârul Fikr], juz II, halaman 188).

Tata cara memandikan jenazah perempuan

Adapun beberapa tata cara memandikan jenazah perempuan, yakni:

1. Jenazah perempuan tetap tertutup rapat menggunakan bajunya.
2. Laki-laki yang memandikannya memakai alas tangan, tidak menyentuh jenazah dengan langsung.
3. Optimal untuk menjaga pandangannya, hanya boleh memandang jenazah saat keadaan darurat atau secukupnya. (Muhammad bin Ahmad al-Mahalli, Syarah Al-Mahalli dicetak bersama Hâsyiyatâni Qulyûbi wa ‘Umairah, [Singapura-Jedah-Indonesia: Al-Haramain], juz I, halaman 379-380).

Mengkafani jenazah perempuan

Adapun beberapa langkah mengkafani jenazah perempuan, yaitu:

- Adapun batas minimal kafan untuk jenazah perempuan ialah kain yang menutupi seluruh tubuh.
- Tiga lapis kain yang masing-masing mampu menutupi seluruh tubuh.
- Paling sempurna ialah lima lapis kain, yang terdiri atas (a dan b) dua lapis kain yang masing-masing bisa menutupi seluruh tubuh, (c) izâr yakni kain yang menutup bagian tengan tubuh dari pusar sampai lutut, (d) gamis, dan (e) kerudung yang menutup kepala. (Ibrahim al-Bajuri, Hâsyiyah al-Bâjuri, juz I, halaman 248-249).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya