Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Manusia tak dapat menolak hujan, namun dapat membaca doa ini agar tidak hujan."

Life | 09 August 2022, 18:46
Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Hujan merupakan titik-titik air yang turun dari gumpalan awan di atas langit. Awan tersebut menyerap air dari laut di atas bumi dan akan kembali lagi ke bumi diserap tanah serta bermuara ke laut. Dalam Islam fenomena hujan sebagai salah satu bentuk kekuasaan Allah SWT. Manusia sebagai hamba memiliki banyak kelemahan, bahkan untuk mengendalikan hujan saja manusia tidak mampu. Sehingga perlu kiranya meminta bantuan kepada Allah SWT melalui doa.

Kadang-kadang hujan datang diwaktu yang kurang tepat, sehingga membuat beberapa agenda yang digelar menjadi kacau. Tentu kita tidak bisa menolak datangnya hujan, akan tetapi kita bisa memanjatkan doa kepada Allah SWT. Diterangkan dalam Sahih Bukhori, Rasululllah SAW semasa hidupnya pernah berdoa mengalihkan hujan. Lebih lengkapnya simak pembahasan kami di bawah ini.

Doa agar langit cerah dan tidak turun hujan

Selain berikhtiar manusia dapat berdoa dengan memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun dapat berpindah tempat. Doa ini pernah dibaca oleh Rasulullah SAW, berikut ini lafal lengkapnya :

اللهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Dengan doa demikian kita dapat berharap kepada Allah SWT semoga lekas memindahkan hujan yang turun di sekitar kita.

Doa ketika melihat awan hitam

Suatu ketika diriwayatkan oleh Aisyah RA, sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian berucap atau berdoa seperti di bwah ini :

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini.

Sebaiknya ketika melihat awan yang hitam, lakukanlah doa seperti apa yang dilakukan Rasulullah SAW dan berdoa seperti di atas.

Doa ketika turun hujan

Sebagai rasa syukur pada Allah SWT, maka berdoalah agar hujan yang turun dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Berikut ini doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW :

اللهم صيبا نافعا

Allahumma shoyyiban naafi'an

Artinya:Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

Jika memang hujan tidak dapat berhenti atau berpindah sebaiknya membaca doa di atas. Sebab segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah memberikan manfaat bagi manusia dan sekitarnya. Maka bersyukurlah dan menerima hujan tersebut.

Doa agar hujan tidak menjadi bencana

Menolak hujan memang bukan kuasa manusia, sehingga ketika turun hujan dapat melakukan ikhtiar agar terhindar dari marabahaya. Selain itu juga dapat berdoa seperti berikut :

اللهُمَّ سَيْبَ رَحْمَةٍ وَلَا سَيْبَ عَذَابٍ

Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin.

Artinya; Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.

Itulah beragam doa yang dapat dibaca untuk memindah serta pada saat terjadinya hujan. Jika terjadi hujan, baca doa di atas dan semoga kita selalu dalam lindunganNya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya