Doa Untuk Anak Perempuan Semoga Sholehah, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

"Anak perempuan dapat menjadi perisai dari api neraka bagi kedua orang tuanya."

Life | 12 August 2022, 06:26
Doa Untuk Anak Perempuan Semoga Sholehah, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

Anak merupakan titipan anugerah dari Allah SWT, maka wajib bagi orang tua untuk merawat titipan itu penuh dengan kasih sayang. Sebagai penerima amanah, kita juga harus dapat menjaganya dengan baik. Orang tua harus selalu berupaya memberikan rasa bahagia kepada seorang anak dengan penuh edukasi. Edukasi ditanamkan agar seorang anak dapat tumbuh kembang dengan penuh kemandirian.

Selain mendidik, orang tua juga dianjurkan untuk selalu mendoakan seorang anak. Agar anak juga selalu diberi keselamatan dan tumbuh menjadi anak yang sholihah. Diberikan anugerah anak perempuan, terkadang memiliki rasa istimewa tersendiri. Doa juga termasuk salah satu ikhtiar yang dilakukan oleh orang tua dalam melindungi sang anak perempuan.

Anak perempuan secara biologis memiliki bagian anggota tubuh yang berbeda dengan anak laki-laki. Hal ini pun berpengaruh bagi kondisi dan keadaan anak perempuan. Sehingga cara merawatnya pun berbeda dengan anak laki-laki. Perbedaan ini bukan untuk membeda-bedakan, tetapi untuk memberlakukan seorang anak dengan tepat sesuai kondisi anak perempuan. Begitu juga dengan bacaan doa untuk anak perempuan akan kami bahas di bawah ini.

Doa untuk anak perempuan

Penting bagi kedua orang tua untuk mendoakan anak perempuan, agar hatinya menjadi anak yang sholihah. Berikut ini doa-doanya.

1. Doa agar anak perempuan mendapat perlindungan

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U'īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli 'aynin lāmmah.

Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat." (HR Abu Daud).

2. Doa agar anak menjadi cerdas

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

3. Doa agar anak perempuan berkah

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa'atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat".

4. Doa agar anak perempuan berbakti kepada orang tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada Mu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka".

Daun.id

sumber; pexels.com

5. Doa agar anak selalu taat kepada Allah SWT

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij'alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du'a.

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku" (QS Ibrahim : 40).

Itulah macam-macam doa yang dapat dipanjatkan untuk anak perempuan. Selain itu juga dapat dipanjatkan untuk anak-anak pada umumnya.

Keutamaan mengsuh anak perempuan

Jika orang tua mampu melewati ujian dalam mengasuh anak perempuan, maka dapat menjadi perisai dari api neraka. Berikut in hadits riwayatnya :

عن عائشة رضي الله عنها قَالَتْ دَخَلَتْ عَلَيَّ امْرَأةٌ وَمَعَهَا ابنتان لَهَا تَسْأَلُ فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِي شَيئاً غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحدَةٍ فَأعْطَيْتُهَا إيَّاهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْها ولَمْ تَأكُلْ مِنْهَا، ثُمَّ قَامَتْ فَخَرجَتْ فَدَخَلَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَينَا فَأخْبَرْتُهُ فَقَالَ مَنِ ابْتُليَ مِنْ هذِهِ البَنَاتِ بِشَيءٍ فَأحْسَنَ إلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتراً مِنَ النَّارِ

Artinya, “Dari Sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, suatu hari seorang perempuan dewasa dan dua anak perempuan menemuinya. Mereka mengemis. ‘Aku tidak memiliki apapun selain sebiji kurma. Kuberikan kepadanya. Ia membagi kurma itu kepada dua anak perempuannya. Ia sendiri tidak ikut memakan. Ia kemudian bangkit lalu keluar. Rasulullah saw masuk menemui kami. Kukabarkan peristiwa barusan. Ia bersabda, ‘Siapa saja yang diuji dalam pengasuhan anak-anak perempuan, lalu ia perlakukan mereka dengan baik, niscaya mereka akan menjadi perisainya dari api neraka,’” (HR Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi).

Demikianlah hadits tentang keutamaan mengasuh seoarang anak perempuan. Maka selalu berusahalah untuk mendidik dengan sebaik-baiknya anak perempuan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya