Niat dan Doa Sholat Tasbih dan Tata Caranya Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Adapun niat dan doa sholat tasbih dan tata caranya sebagai berikut:"

Life | 13 August 2022, 09:05
Niat dan Doa Sholat Tasbih dan Tata Caranya Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Pernah mendengar Salat Tasbih? Atau barangkali sudah mendengar, dan barangkali sudah menunaikannya? Salat Tasbih merupakan salah satu salat sunah yang diterangkan, bahwa sekali seumur hidup harus mendirikannya atau menunaikannya.

Salat Tasbih memang masih awam di telinga banyak orang. Lantaran ini merupakan salat sunah yang jarang dibicarakan dan dijalankan oleh kebanyakan orang. Yang padahal salat ini memiliki keutamaan yang cukup besar. Di antaranya memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Dan saat ingin menunaikannya bisa dilakukan di siang atau malam hari.

Adapun niat, tata cara dan doanya sebagai berikut:

- Niat salat tasbih siang hari, empat rakaat dikerjakan langsung dengan satu salam sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.”

Artinya: "Aku berniat salat sunah tasbih empat rakaat karena Allah ta’ala."

- Niat salat tasbih malam hari, dua kali salat dengan satu salam tiap dua rakaat sebagai berikut:
Daun.id

sumber: pixabay.com

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa”.

Artinya: “Aku berniat salat sunah tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Salat Tasbih dikerjakan sebanyak empat rakaat. Ada dua pilihan waktu pelaksanaan yaitu siang atau malam hari. Jika dilakukan pada siang hari, empat rakaat dikerjakan langsung dengan satu salam.

Sementara Salat Tasbih yang dikerjakan pada malam hari dibagi menjadi dua kali salat, satu salam tiap dua rakaat. Dan dalam mengerjakan Salat Tasbih ada aturan jumlah kalimat Tasbih yang harus dibaca. Aturan pembacaannya adalah sebagai berikut:

15 kali tasbih setelah membaca surat pendek
10 kali tasbih saat ruku, setelah bacaan ruku selesai
10 kali tasbih saat i’tidal, setelah bacaan i’tidal selesai
10 kali tasbih saat sujud pertama, setelah bacaan sujud selesai
10 kali tasbih saat duduk di antara dua sujud, setelah bacaan iftirasy selesai
10 kali tasbih saat sujud kedua , setelah bacaan sujud selesai
10 kali tasbih setelah bacaan atahiyat atau sebelum salam

- Lafal kalimat tasbihnya adalah:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

“Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallohu allohu akbar.”

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

- Di bawah ini untuk doa setelah melakukan Salat Tasbih:
Daun.id

sumber: pixabay.com

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ  اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ. والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas aluka taufiiqi ahlil hudaa wa a'mala ahlil yaqiini wa munaa shohata ahli taubati wa 'azma ahli shabri wawajala ahlil khosy yati wa tholaba ahli raghbati wa ta'abbuda ahlil wara'i wa 'irfaana ahlil 'ilmi hattaa nakhoafaka. Allahumma Innaa nas aluka makhofata tuhjizunaa 'an ma'aashiika hatta na'mala bithoo'atika subhaana khooliqo nuur. Washolaatu wassalaamu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi ajma'in walhamdulillahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:  Ya Allah aku meminta padaMu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara syubhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga aku pun dapat takut kepada Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu aku pun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridhoMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya".

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya