Doa Nabi Ayub dan Doa Keselamatan Lainnya, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Bacalah doa berikut agar diberikan keselamatan dunia dan akhirat."

Life | 13 August 2022, 20:10
Doa Nabi Ayub dan Doa Keselamatan Lainnya, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Nabi Ayyub adalah seorang nabi yang di uji oleh Allah dengan penyakit kulit yang tidak sembuh selama bertahun-tahun. Penyakit yang dialami oleh nabi Ayyub kurang lebih adalah selama 18 tahun.

Sebelum Ayyub menderita sakit, ia adalah seseorang yang terpandang dan dihormati oleh kaumnya.

Tidak hanya sakit, banyak ujian yang berat yang datang kepadanya secara berturut-turut. Sebelum sakit, nabi Ayyub adalah seorang yang kaya dan sehat, begitu juga dengan anak dan keluarga.

Kondisi Nabi Ayyub yang menderita penyakit itu tergambar dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Nabi Ayyub AS berada dalam ujiannya (menderita sakit) elama 18 tahun. Baik keluarga dekat maupun keluarga jauh menolaknya kecuali dua orang laki-laki dari saudara-saudaranya. Kedua saudara itulah yang selalu memberinya makan dan menemuinya."

Penyakit yang menggerogoti tubuh Ayyub adalah penyakit menjijikkan. Tubuhnya gatal-gatal, berborok, serta nanah meleler keluar dari kulitnya. Badannya juga menguarkan bau busuk sehingga orang-orang tidak mau datang, serta memalingkan muka jika melihat Ayyub.

Ketika nabi Ayyub hendak buat hajat, bahkan istrinya, Rahmah binti Afrayim harus menuntunnya dan mengurus perkara buang hajat Nabi Ayyub.

Ketika mengalami sakit, kekayaan yang dulu ia miliki juga turut habis. Tidak hanya itu, satu persatu anak kesayangan Ayyub juga meninggal dunia.

Karena kesabarannya menanggung musibah dan cobaan itulah, Nabi Ayyub menjadi teladan dan simbol kesabaran bagi segenap umat Islam.

Doa Nabi Ayub dan Doa Keselamatan Lainnya, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya


Doa Nabi Ayyub Teks Arab, Latin dan Artinya

Ketika sedang menderita sakit, Nabi Ayyub bermunajat kepada Allah dengan penuh rasa tulus dan ikhlas. Doa yang Nabi Ayyub hingga ia sembuh dari sakitnya adalah sebagai berikut:

اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ

"Anni masanniyad dhurru wa anta ar-hamar rahimin"

Artinya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Doa Keselamatan Nabi Muhammad

Berikut adalah doa yang kerap diucapkan Nabi Muhammad SAW.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَ فُجَآئَةِ نِقْمَتِكَ، وَ جَمِيْعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Allahumma inni a’udhu bika min zawali ni’matik, wa tahawwuli‘ afiyatik, wa fuja’ati niqmatik, wa jami’i sakhatik."

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesejahteraan dari-Mu, kemurkaan-Mu yang datang dengan tiba-tiba dan seluruh kemarahan-Mu." (HR. Muslim).

Doa Nabi Yunus Ketika ditelan Ikan Paus

Berikut ini adalah doa ketika Nabi Yunus ditelan ikan Paus.

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

"Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim."

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim” (QS Al-Anbiya’ 87).

Doa Nabi Ibrahim

Doa ini ada dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 128, berikut ini adalah doanya.

رَبَّنَا وَاجۡعَلۡنَا مُسۡلِمَيۡنِ لَـكَ وَ مِنۡ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسۡلِمَةً لَّكَ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبۡ عَلَيۡنَا ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ التَّوَّابُ الرَّحِيۡمُ


Rabbanaa waj'alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatan muslimatal laka wa arina manasikana watub 'alainaa innaka antat Tawwaabur Rahiim.

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya