Doa Taubat Nasuha dari Para Nabi, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Beberapa macam doa ini dapat dilafalkan ketika sedang melakukan taubatan nasuha."

Life | 14 August 2022, 12:00
Doa Taubat Nasuha dari Para Nabi, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Tidak dapat kita pungkiri bahwa manusia tempatnya salah dan lupa. Seringkali kita tanpa sengaja melakukan kesalahan dan berbuat dosa. Dalam kondisi seperti ini, kita diwajibkan untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Bertaubat merupakan suatu perbuatan mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulanginya kembali. Taubat yang sebaik-baiknya adalah taubatan nasuha, taubat yang semurni-murninya taubat.

Para ulama juga telah mengajarkan kepada kita agar segera bertaubat ketika telah berbuat dosa. Anjuran bertaubat ini, juga sesuai dengan hadits riwayat berikut ini ;

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Artinya: “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam pelaksanaannya sebelum seseorang bertaubat, perlu kiranya melaksanakan sholat sunnah taubat dua rokaat terlebih dahulu. Kemudian melaksanakan taubat dan memperbanyak bacaan istighfar disertai penuh penyesalan dan tekad yang kuat untuk menjauhi perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Untuk lebih lengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Doa taubat nasuha

Setelah melaksanakan sholat sunnah taubat dua rokaat, dilanjutkan dengan mengakui segala kesalan dan dosa yang pernah diperbuat. Berikut ini macam-macam doa taubat nasuha;

Doa taubat dari Nabi Adam

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbanā zhalamnā anfusanā. Wa illam taghfir lanā wa tarhamnā, lanakūnanna minal khāsirīna.

Artinya; “Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri sendiri. Jika Kau tidak mengampuni dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk hamba-Mu yang merugi,” (QS. Al-A‘raf; 23).

Doa taubat Nabi Yunus

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lā ilāha illā anta. Subhānaka innī kuntu minaz zhālimīna.

Artinya, “Tiada tuhan selain Allah Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. ,” (QS. Al-Anbiya; 87)

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa taubat Nabi Muhammad

Doa versi pertama kali ini, diajarkan Rasulullah kepada sahabat Abu Bakar. Berikut lafal doanya :

اَللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا, وَلَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ, فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ, وَارْحَمْنِي, إِنَّكَ أَنْتَ اَلْغَفُورُ اَلرَّحِيمُ

Allāhumma innī zhalamtu nafsī zhulman katsīran (tercatat “kabīran” pada sebagian riwayat), wa lā yaghfirud dzunūba illā anta, faghfir lī maghfiratan min ‘indika, warhamnī, innaka antal ghafūrur rahīmu.

Artinya, “Tuhanku, sungguh aku telah menganiaya diri sendiri dengan penganiayaan yang banyak (sebagian riwayat ‘yang besar’). Tiada yang dapat mengampuninya kecuali Engkau. Anugerahkanlah ampunan dari sisi-Mu. Rahmatilah aku. Sungguh, Kau maha pengampun, lagi maha penyayang,” (HR Bukhari dan Muslim)

Versi kedua, menurut riwayat Abu Musa Al Asy'ari Rasulullah membaca doa ini ;

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطِيْئَتِي وَجَهْلِي، وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي جِدِّي وَهَزْلِي؛ وَخَطَئِي وَعَمْدِي؛ وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ المُقَدِّمُ، وَأَنْتَ المُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allāhummaghfir lī khathī’atī wa jahlī, wa isrāfī fī amrī, wa mā anta a‘lamu bihī minnī. Allāhummaghfir lī jiddī wa hazlī, wa khatha’ī wa ‘amdī. Wa kullu dzālika ‘indī. Allāhummaghfir lī mā qadamtu wa mā akhkhartu, wa mā asrartu, wa mā a‘lantu, wa mā anta a‘lamu bihī minnī. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru, wa anta ‘alā kulli syai’in qadīrun.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatanbatasku dalam sebuah hal, dan dosaku yang mana Kau lebih tahu dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan dan kesengajaanku. Apa pun itu semua berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan, dan dosa yang mana Kau lebih tahu dariku. Kau maha terdahulu. Kau maha terkemudian. Kau maha kuasa ata segala sesuatu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikianlah bebetrapa macam doa taubatan nasuha yang diajarkan serta dibaca para Nabi dan Rasul dalam melakukan pertaubatan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya