Doa Syukur Teks Arab Latin dan Artinya, Serta Cara Bersyukur Sesuai Sunnah

"Semakin banyak kamu bersyukur, maka Allah akan menambahnya."

Life | 21 August 2022, 18:21
Doa Syukur Teks Arab Latin dan Artinya, Serta Cara Bersyukur Sesuai Sunnah

Sebagai umat Rasulullah SAW, bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan adalah sebuah kewajiban. Banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada manusia secara umum dan umat Islam secara khusus.

Nikmat iman, nikmat hidup, nikmat sehat, nikmat harta dan nikmat-nikmat lainnya adalah pemberian dari Allah SWT. Sehingga sebagai ungkapan terimakasih sekaligus sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT, rasa syukur itu wajib ditunjukkan.

Allah SWT akan menambah nikmat umat Muslim jika mereka senantiasa bersyukur. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Ibrahim ayat 7.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, "Sesungguh­nya jika kalian bersyukur (atas nikmat-Ku), pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih."


Cara Bersyukur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Daun.id

pixabay.com

Untuk mengekspresikan rasa syukurnya atas semua nikmat Allah SWT, Rasulullah SAW tidak menunjukkannya lewat lisan saja, namun juga melalui perbuatan.

Kendati Rasulullah sudah dijamin Allah masuk surga, namun ibadah yang Rasulullah SAW lakukan sangat baik untuk dicontoh.

Dkisahkan dalam hadits, saking tekun dan khusuknya menunaikan shalat malam, kedua telapak kaki Rasulullah sampai pecah-pecah. 

Tidak hanya itu, Rasulullah juga sangat tekun berpuasa, dzikir dan juga sangat dermawan berbuat baik kepada sesama.

Meski sudah dijaga dari Allah dari melaksanakan perbuatan dosa (maksum), Rasulullah dengan menangis juga meminta ampunan kepada Allah.

Begitulah sebagian bentuk rasa syukur dan cinta Rasulullah SAW kepada Allah SWT sang pencipta.

Doa Syukur Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

pexels.com

Sabagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Berikut doa agar kita tetap bersyukur:

Doa Syukur Sesuai Hadist Rasulullah

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a'inni 'ala syukrika wa husni 'ibadatika.

Artinya: Ya Allah, bantulah aku bersyukur kepadaMu dan baiknya ibadah kepada-Mu) (HR. Muslim.

Doa Syukur Lainnya 

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi rabbil 'alamin khamdan katsira yuwafi ni'amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya: "Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."

Ada pula doa bersyukur yang lain yang dapat kamu baca tiap hari.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala ṣaaliḥan tarḍaahu wa adkhilnii biraḥmatika fii ‘ibaadikaṣ-ṣaalihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya