Doa Arwah Katolik Kepada Orang yang Sudah Meninggal

"doa untuk orang yang sudah meniggal katolik"

Life | 27 August 2022, 14:56
Doa Arwah Katolik Kepada Orang yang Sudah Meninggal

Kematian selalu menjadi hal yang begitu menakutkan, sekaligus hal menyedihkan bagi hampir seluruh manusia. Lantaran itu yang berarti akan terpisahnya antara dua dunia dijalani, dan seorang yang mengalami kematian tak akan ada lagi bersama di sisi.

Namun bukan berati seorang yang telah meninggal tersebut, dan berbeda dunia tak mungkin dilupakan begitu saja. Bagi penganut Katolik mereka akan selalu bersemayam kuat di hati mereka yang mencintainya. Dengan selalu mengirimi mereka doa.

Biasanya masyarakat mendoakan kerabatnya yang telah meninggal dunia, dan ada juga yang memberikan stipendium/tunjangan/persembahan di gereja sebagai bentuk doa yang dipadukan dengan misa di gereja Katolik. Setiap tahun pada tanggal 2 November, umat Katolik memperingati Hari Peringatan Roh Semua Orang Percaya.
Daun.id

sumber: pixabay.com

1. Doa untuk anggota keluarga yang sudah meninggal
Berdoa
untuk mereka yang telah meninggal. Mungkin anggota keluarga, atau orang lain. Mendoakan mereka harus dilakukan. Adapun mengenai doanya berikut saat mengingatnya.

“Allah, pangkal kehidupan semua insan, Engkau telah memanggil …(nama) dari tengah-tengah kami untuk kembali kehadiratMu. Dia sekarang berada di pangkuanMu. Tetapi, kami tetap merasa bersatu dengan dia. Sebab kami semua adalah putraMu, kami sama-sama anggota tubuh Kristus yang satu, warga persekutuan kaum beriman dahulu, kini dan yang akan datang. Kami yakin bahwa hidupnya hanyalah diubah, bukannya dilenyapkan, dan bahwa suatu kediaman abadi kini tersedia baginya di surga.

Didasari oleh keyakinan ini, semoga dalam menghadapi maut yang terelakkan kami tidak lagi merasa takut, karena sungguh-sungguh didukung oleh harapan akan hidup abadi yang Kau janjikan kepada kami.

Bapa, ampunilah segala dosanya, dan terimalah dia dalam pangkuan kasihMu. Ia telah mati seperti Kristus, maka perkenankanlah ia pun bangkit seperti Kristus. Kami berdoa pula bagi semua orang yang telah Kau panggil mendahului kami. Karena belas kasih dan kerahimanMu, semoga mereka memperoleh kebahagiaan bersama pada kudusMu.

Ya Bapa, semua harapan ini kami haturkan kepadaMu dengan pengantaraan Yesus Kristus, dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.”

 Daun.id

sumber: pixabay.com

2. Doa Arwah Untuk Jiwa Orang Meninggal
Jika ingin mengingat dan mendoakan jiwa-jiwa yang telah meninggal dunia, tetap bisa melakukannya. Dapat berdoa untuk jiwa-jiwa yang membutuhkan doa dari orang-orang yang masih hidup dalam doa yang khusyuk ini:

“Tuhan yang berkuasa atas jiwa-jiwa, pandanglah kami yang berkumpul di sini untuk memohon kedamaian bagi arwah-arwah, yang telah pergi dari sisi kami, ketempat yang tidak terjangkau bagi kami, kecuali olehMu.

Kumpulkanlah mereka di bawah naungan sayapMu, diantara orang-orang saleh, yang telah dimakamkan disini dan dipersatukan dalam lingkungan jiwa-jiwa yang berbahagia untuk selama-lamanya. Puaskan mereka dengan kenikmatan kekal yang berlimpah dan kebahagiaan; gembirakan mereka dalam taman Eden dengan kemuliaanMu; biarlah mereka memandang keagunganMu, di antara orang-orang kudus dan murni, yang bersinar seperti surga tanpa awan.

Biarlah mereka tinggal dengan tenang dalam ketentraman dan kedamaian, agar mereka bersinar dalam cahaya abadi. Angkatlah tanduknya dengan hormat bersama jiwa-jiwa yang saleh, yang duduk di tangga tahtaMu. Tuntunlah mreka ke tengah-tengah di antara mereka yang berdiri dihadapanMu. Kami berdoa dalam namaMu, kami imani dan bersandar dengan janji-jani yang telah Engkau ucapkan kepada kami. Amin.”

3. Tuhan memperhatikan baik yang terlihat dan tidak kelihatan
Harus terus berdoa untuk mereka yang telah meninggal karena Tuhan peduli dengan segala sesuatu di Dunia. 2 Korintus 4:18 menyatakan ini:

“Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”


Itulah doa dan ajaran Tuhan tentang mendoakan orang yang sudah meninggal. Anda juga harus melaksanakan Ekaristi untuk mengenang orang yang dicintai yang telah meninggal. Bahwa orang yang meninggal masih sangat membutuhkan kiriman dari orang-orang masih hidup di dunia. Untuk selalu mengingat dan mengenangnya dengan penuh cinta."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya