Doa Awal Tahun 1 Muharram, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Penuh Keutamaan

"Sambutlah tahun baru 1 muharram dengan bacaan doa ini."

Life | 27 August 2022, 18:10
Doa Awal Tahun 1 Muharram, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Penuh Keutamaan

Tahun baru hijriyah atau tahun baru Islam selalu diperingati pada tanggal 1 Muharram. Muharram merupakan bulan pertama hijriyah, sedangkan bulan terakhir ialah dzulhijjah. Di akhir bulan Dzulhijjah seorang muslim dianjurkan membaca doa akhir tahun, sedangkan diawal bulan muharram dianjurkan untuk membaca doa awal tahun. Selain itu diawal tahun juga memiliki beberapa anjuran yang disunnahkan lainnya.

Dapat menyambut tahun baru Islam merupakan kebahagiaan tersendiri yang dirasakan umat Islam. Pada momen bahagia ini, sebaiknya diisi dengan membaca beberapa doa. Doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, karena masih diberi kesempatan hidup sekaligus memohon kepada Allah agar di tahun baru ini bisa menjadi lebih baik dan penuh berkah. Untuk doa awal tahun ini dibaca pada malam 1 Muharram setelah shalat maghrib. Sedangkan doa akhir tahun dibaca setelah sholat ashar di akhir bulan dzulhijjah.

Di Indonesia kita seringkali melihat orang-orang memeringati 1 Muharram dengan pawai taaruf. Hal ini sudah menjadi tradisi di beberapa kalangan masyarakat Indonesia, biasanya diperingati dengan mengajak anak didik pawai taaruf. Tentunya boleh-boleh saja, namun akan lebih afdhol jika pada tanggal 1 Muharrom juga membaca doa. Adapun amalan secara lengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Doa awal tahun 1 Muharram

Daun.id

sumber; pexels.com

1 Muharram adalah tahun baru hijriyah, dalam momen menyambut tahun baru sudah semestinya bahagia. Sebaiknya juga membaca beberapa doa, agar tahun baru penuh dengan berkah ;

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Bacalah doa ini dalam menyambut 1 muharram, agar tahun baru penuh dengan berkah. Doa ini dibaca setelah maghrib sebanyak tiga kali.

Sedangkan berikut ini doa akhir tahun yang dibaca diakhir bulan dzulhijjah atau akhir tahun hijriyah. Doa ini dibaca setelah ashar sebanyak tiga kali :

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Keutamaan-keutamaan bulan Muharram

Daun.id

sumber; pexels.com

Bulan muharram merupakan bulan yang dimuliakan, sebab memiliki beberapa keutamaan. Berikut ini keutamaan bulan muharram :

1. Bulan muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan. Kemuliaan bulan muharram telah dibahas melalui firman Allah, seperti berikut ini :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya, “Sungguh bilangan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At-Taubah ayat 36).

2. Bulan muharram merupakan bulan Allah, jika dilihat dari segi namanya bulan muharram merupakan bulan yang paling islami.

3. Salah satu keutamaan bulan muharram ialah bayak peristiwa luar biasa yang terjadi pada bulan ini. Dan dianjurkan menjalankan sunnah puasa.

Demikianlah bacaan doa awal tahun 1 muharram yang dapat diamalkan ketika malam tahun baru hijriyah. Selain itu ada beberapa keutamaan yang dapat diamalkan di bulan muharram.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya