Doa Pembacaan Alkitab Dari Berbagai Versi, Dapat Dipanjatkan Sendiri

"Sebelum membaca Alkitab, sebaiknya panjatkan doa ini terlebih dahulu."

Life | 28 August 2022, 06:44
Doa Pembacaan Alkitab Dari Berbagai Versi, Dapat Dipanjatkan Sendiri

Bagi umat Kristen mungkin sudah tidak asing lagi, doa ini tidak sama dengan doa syafaat. Doa pembacaan Alkitab biasanya dipanjatkan setelah memanjatkan puji-pujian. Tepatnya sebelum pendeta membaca khotbah dan Alkitab. Namun, doa ini juga dapat dipanjatkan saat sendirian di rumah. Doa pembacaan Alkitab dibaca sebagai pembuka sebelum membaca Alkitab. Umat Kristen membaca doa sebagai awalan sebelum beraktivitas agar menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Alkitab merupakan suatu kitab yang berisi banyak petunjuk tentang kehidupan, banyak ayat yang berisi tentang petunjuk hidup di dalamnya. Membaca Alkitab jadi rujukan yang tepat disaat sedang gelisah menentukan arah hidup. Doa dan Alkitab juga bisa diartikan sebagai nafasnya orang Kristen dalam kehidupan rohani. Sehingga dapat mempertebal keimanan dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tujuan umat Kristen membaca doa pembacaan Alkitab, agar bisa mempresentasikan secara langsung ayat-ayat yang berisi di dalam Alkitab. Saat memanjatkan doa ini juga harus dipanjatkan dengan sungguh-sungguh. Meski doa-doa yang dipanjatkan haruslah dapat secara singkat dan jelas, untuk lebih lengkapanya akan kami bahas di bawah ini.

Doa pembacaan Alkitab

Daun.id

sumber; pexels.com

Sebelum membaca Alkitab, penting untuk membaca doa pembacaan Alkitab terlebih dahulu. Berikut ini bacaan doa pembaca Alkitab :

Versi pertama

Tuhan Yesus, aku hendak membaca firman-Mu. Saat aku membacanya, tolong bantu aku untuk mengenal, mencintai, dan memahami-Mu dengan lebih baik. Bantu aku untuk mengenali kehendak dan Firman-Mu dalam hidupku.

Roh Kudus, kiranya Engkau menerangi pikiranku dan memberikan dalam hatiku cinta yang lebih besar bagi-Mu dan bagi orang lain dalam keluargaku dan di dunia saat aku membaca Sabda-Mu. Amin.

Versi kedua

Bapa Surgawi, Terima kasih atas firman-Mu, firman ini adalah kebenaran, hidup, dan terang bagi kami. Firman ini juga menjadi makanan bagi jiwa kami dan penyegaran bagi roh kami.

Tuhan, kami ingin mempelajari Firman-Mu melalui bimbingan Roh Kudus-Mu. Sehingga kami bisa bertumbuh dalam kasih karunia dan dewasa secara rohani dalam iman.

Pancarkanlah cahaya murni firman kebenaran-Mu ke dalam hati kami hari ini dan buka mata pikiran kami untuk memahami inti kebenaran yang terkandung di dalam bagian Kitab Suci yang berharga ini.

Saat kami mempelajari Sabda-Mu, kiranya nama-Mu semakin ditinggikan karena hanya Engkau yang patut dipuji dan disembah sebab Engkau yang kudus, baik, pengasih dan penyayang.

Bukalah mata kami untuk melihat kebenaran-Mu. Bukalah telinga kami untuk mendengar suara-Mu. Bukalah hati kami untuk menerima apa yang Engkau miliki bagi kami masing-masing, dan bukalah bibir kami untuk hanya mengucapkan apa yang memuliakan nama-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin.

Versi ketiga

Bapa Surgawi, sebentar lagi kami akan membaca firman-Mu. Kami berdoa agar mampu menyelami isi hati dan kehendak-Mu lewat firman ini. Bukalah mata pengertian kami dan persiapkan hati kami dengan kuasa Roh-Mu, agar kami dapat menerima Sabda-Mu dengan penuh sukacita.

Biarlah kami semakin mengagumi kemuliaan dan keagungan-Mu saat kami mengungkap kebenaran berharga yang terkandung di dalam firman. Dan semoga kami bisa bersaksi demi nama Engkau. Doa ini kami mohon dalam nama Tuhan dan Juruselamat kami yang berharga, Yesus Kristus, Amin.

Versi keempat

Ya Bapa yang Maha Pengasih, kami mohon sendengkanlah telinga-Mu pada doa kami dan terangilah hati kami dengan roh-Mu yang kudus supaya firman-Mu dapat dilayani dan dipercayai atas jalan yang benar dan supaya kami boleh mengasihi Engkau dengan kasih yang abadi, oleh Yesus Kristus Tuhan Kami. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Demikianlah macam-macam bacaan doa pembaca Alkitab yang dapat dipanjatkan sebelum mempresentasikan Alkitab. Doa ini sekaligus menjadi pembuka sebelum membaca Alkitaab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya