Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis, Beserta Pengertiannya

"Ketahui caranya agar pengerjaan tugas kian mudah tanpa perlu lama-lama"

Tech | 19 September 2022, 07:27
Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis, Beserta Pengertiannya

Daun.id - Saat sedang mengerjakan skripsi atau makalah, ataupun sebuah proposal kegiatan untuk ditujukan kepada sponsorship bagian yang tidak boleh ketinggalan adalah daftar isi. Sebab daftar isi ini menjadi bagian yang penting dalam pembuatan skripsi dan makalah atau untuk dokumen lainnya yang membutuhkan daftar urutan dari sebuah karya tulis yang telah disusun.

Fungsi dari daftar isi adalah untuk memudahkan penulis dan pembaca ketika mencari bab atau materi yang diinginkan. Nah berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk membuat daftar isi yang baik dan benar.

Dalam pembuatanya, terkadang membuat daftar isi ini menjadi sulit. Apalagi jika daftar isi memuat banyak sekali pembahasan. Namun sebelum itu, mungkin perlu untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian dan fungsi dari daftar isi. Berikut adalah pengertian dan fungsi daftar isi.

- Pengertian dan Fungsi Daftar Isi
Daftar isi
merupakan bagian urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya, termasuk makalah, skripsi dan proposal. Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu.

Daftar isi, biasanya hanya berisi Isi dan disingkat secara informal sebagai TOC, adalah daftar, biasanya ditemukan pada halaman sebelum dimulainya karya tulis, judul bab atau bagian atau deskripsi singkat dengan nomor halaman awal.

Daftar isi yang terdapat dalam sebuah dokumen berfungsi sebagai peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul dan nomor halaman.

- Cara Membuat Daftar Isi di Word
Daftar isi
dapat dibuat melalui Microsoft Word dengan menggunakan dua cara. Yaitu dengan cara manual dan cara kedua. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi di Miscrosoft Word.
Daun.id

sumber: microsoftword

1. Cara Mebuat Daftar Isi Manual
Saat ingin membuat daftar isi, dapat melakukanya dengan cara manual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Pada menu Home > Paragraph, klik jarum yang berada di sudut kanan kanan bawah. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up.
- Pilih "Left" untuk bagian Alignment.
- Klik Tabs dan Ok.
- Pada jendela pop-up yang baru, isi tab stop position dengan 15, untuk alignment pilih "Right", pada bagian leader klik angka "2".
- Klik Set dan Ok.
- Untuk memunculkan titik, letakkan kursor misalnya pada kalimat Kata Pengantar, klik "Tab" pad keyboard. Selanjutnya akan muncul titik-titik.
- Isi nomor halaman secara manual.

Daun.id

sumber: microsoftword

2. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis


Cara membuat daftar isi otomatis di Word dapat dilakukan dengan menggunakan heading styles ke text yang ingin dibuat menjadi daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis menjadi daftar isi dari berbagai heading yang ada di dokumen.

Langkah pertama adalah, pilih teks yang diingin masukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, pilih heading style, misalnya Heading.

1. Lakukan cara ini pada setiap text yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Klik menu "References" dan pilih opsi "Table of Contents".
- Pada pilihan opsi, pilih format "Automatic Table 1"
- Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang memuat sub-judul pada setiap halaman beserta keterangan.
- Apabila hendak menambahkan atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui.
- Caranya, cukup klik "References > Update Table" dan pilih antara opsi "Update page numbers only" atau "Update entire table".
- Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul

2. Sedangkan, "Update entire table" memungkinkan untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.

- Apabila terdapat entri yang hilang pada daftar isi, silakan klik menu "Home > Style > Heading 1".
- Kemudian masukkan nama teks judul serta halaman yang diinginkan.


- Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word MacOS

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word MacOS. Proses membuat daftar isi di MacOS tak jauh berbeda dengan yang ada di Windows 10. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi di Microsoft Word MacOS:

- Klik "References > Update Table" dan pilih antara opsi "Update page numbers only" atau "Update entire table".
- Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul.
- Sedangkan, "Update entire table" memungkinkan untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.
- Klik "References > Table of Contents > Auto Contents" dan daftar isi akan muncul secara otomatis
.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network