2 Cara Membuat Absen di Google Form dengan Mudah dan Cepat

"Membuat absen dengan tepat di Google Form."

Tech | 23 September 2022, 15:25
2 Cara Membuat Absen di Google Form dengan Mudah dan Cepat

Daun.id - Absensi siswa merupakan salah satu kegiatan yang perlu dijalankan oleh guru ketika pembelajaran. Akan tetapi, apabila siswa di satu kelas sangat banyak maka aktivitas absensi akan memakan banyak waktu maka mengakibatkan waktu guna pembelajaran inti berkurang. Terutama di masa pandemi sebab jam pembelajaran sangat dibatasi, maka tidak sepanjang saat pembelajaran sebelum pandemi. Sayangnya, apabila waktu pembelajaran habis hanya guna mengabsen siswa. Sehingga, harus dipikirkan cara yang efisien dan efektif guna mengabsen siswa tanpa perlu mengorbankan jam pelajaran inti.

Salah satu solusi yang mampu dilakukan guru, agar tetap mampu memastikan siswa hadir dan mengikuti pembelajaran ialah cara membuat absensi online di Google Form. Membuat absen di Google Form begitu mudah dan juga murah. Kamu tidak perlu membayar aplikasinya, sebab Google sudah menyediakannya dengan gratis. Hal yang harus disiapkan ialah kuota internet, sebab membuat google form absensi perlu dilaksanakan dengan online. Berikut ini adalah cara membuat absen di Google Form yakni sebagai berikut ini:

1. Membuat absen di Google Form
Daun.id

Sumber: Google Form

Adapun cara membuat absen di Google Form, yakni:

- Pertama, buka Google Form. Kamu dapat membuat formulir baru dengan menekan opsi formulir kosong.
- Lalu, beri judul dan deskripsi formulir dengan mengetuk masing-masing kolom.
- Kemudian, buat kolom nama siswa atau karyawan dengan menekan kolom di bawah kolom deskripsi.
- Selanjutnya, isi sesuai keperluan.
- Kamu bisa mengubah opsi jawaban menjadi berbentuk jawaban singkat dan aktifkan fitur wajib diisi.
- Lalu, buat kolom jadwal dengan menekan ikon “+” dan buat sesuai keperluan.
- Kemudian, buat kolom keterangan dengan mengetuk ikon “+”.
- Lalu, ketuk kirim di bagian kanan atas formulir guna membuat link.
- Berikutnya, ketuk di ikon link yang berada di tengah dan ketuk perpendek link dan salin link.
- Terakhir, link akan tersalin dan siap dibagikan untuk calon pengisi formulir.

2. Buat absen di Google Form

Cara membuat Google Form dapat dijalankan lewat Google Drive. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut, yakni:

- Pertama, buka Google Drive.
- Kemudian, klik menu new yang berada di sebelah kiri atas tampilan Google Drive.
- Lalu, akan muncul beberapa pilihan layanan Google.
- Terakhir, tekan Google Forms.

Selain cara membuat absen di Google Form, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Melalui embed website
Daun.id

Sumber: Google Form

Cara membagikan Google Form lewat embed website dengan langkah-langkah sebagai berikut, yakni:

- Pertama, tekan tombol kirim yang berada di pojok kanan atas halaman.
- Lalu, akan dialihkan pada halaman Send form.
- Selanjutnya, klik ikon “<>” yang berada di samping ikon rantai.
- Apabila dibutuhkan, atur ukuran formulir yang hendak ditampilkan di website.
- Lalu, salin link. Login menuju halaman dashboard WordPress website kamu, kemudian klik appearance dan tekan widgets.
- Kemudian, tekan Custom HTML dan pilih tempat yang hendak diposisikan formulir itu.
- Apabila sudah, tekan add widget. Isi judul dan tempelkan (paste) link yang sudah disalin pada kolom HTML.
- Terakhir, tekan save.

2. Membagikan link Google Form lewat e-mail

Cara membagikan link Google Form, yakni:

- Pertama, tekan tombol kirim yang berada di pojok kanan atas halaman.
- Lalu, kamu akan dialihkan menuju halaman Send form.
- Terakhir, pilih ikon surat bagi pengiriman formulir lewat email dan ikon rantai supaya membagikan pada bentuk tautan.

3. Membatalkan tautan spreadsheet dari formulir

Cara membatalkan tautan spreadsheet dari formulir, yakni:

- Pertama, buka formulir di Google Formulir.
- Pada kiri atas, di bagian “Tanggapan”, tekan Ringkasan.
- Pada kanan atas, tekan lainnya dan klik batalkan tautan formulir.
- Terakhir, ketuk batalkan tautan.

4. Memilih tempat guna menyimpan tanggapan

Cara memilih tempat guna menyimpan tanggapan, yaitu dengan mengikuti langkah berikutbini:

- Pertama, buka formulir pada Google Formulir.
- Pada kiri atas, di bagian “Tanggapan”, tekan Ringkasan.
- Pada kanan atas, ketuk lainnya dan klik tujuan tanggapan.
- Terakhir, ketuk buat atau pilih.

5. Mengirimkan formulir
Daun.id

Sumber: Google Form

Cara mengirimkan formulir dengan beberapa langkah ini, yakni:
Apabila kamu berbagi formulir Google dengan:

- Akun pribadi: Setiap responden yang mempunyaai link yang bisa membuka formulir.
- Akun Workspace: Kamu bisa membatasi audiens di organisasi atau membuat formulir mampu diakses oleh siapa saja.

6. Melihat respons berdasarkan pertanyaan

 Cara melihat responder berdasarkan pertanyaan, yakni:

- Pertama, buka formulir di Google Formulir.
- Pada bagian atas formulir, tekan Respons.
- Terakhir, tekan ringkasan.

7. Mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi respons

 Cara mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi respons, yaitu:

- Pertama, buka formulir di Google Formulir.
- Lalu, pada bagian atas formulir, tekan Respons.- Kemudian, 
ketuk lainnya.
Setalah itu, tap dapatkan notifikasi email guna respons baru.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network