7 Cara Membuat Video Animasi untuk Pemula Tanpa Aplikasi

"Buat video animasi dengan mudah bagi pemula."

Tech | 23 September 2022, 17:41
7 Cara Membuat Video Animasi untuk Pemula Tanpa Aplikasi

Daun.id - Pada zaman teknologi yang kian canggih ini, adanya video menjadi hal yang paling utama dan istimewa. Saat ini orang-orang sudah berada pada dunia video, sebab sifatnya yang menghibur. Adapun contoh video yang kini tengah trending adalah vlog seperti yang dilakukan oleh para vlogger, ataupun video animasi yang kini telah tidak asing lagi untuk presentator. Akan tetapi, masih terdapat hal yang tidak tahu bagaimana dan apa yang dikenal video animasi.

Animasi merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar dan tulisan), yang disusun dengan beraturan mengikuti alur pergerakan yang sudah ditentukan. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan saat membuat video animasi, mulai dari yang sederhana hingga yang susah. Sehingga, kamu dapat mengetahui cara membuat video animasi yakni sebagai berikut ini:

1. Membuat naskah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara membuat video animasi ialah dengan membuat naskah. Dalam menyusun atau membuat naskah, akan lebih mudah apabila terdapat beberapa seperti berikut:

- Apa tujuan utama video yang dibuat?
- Bagi siapakah video itu dibuat?
- Pesan apa yang hendak disampaikan dari video?
- Urutan video dan bahasa apa yang hendak dipakai?
- Seberapa panjang naskah yang perlu dibuat?
- Reaksi seperti apa yang dikehendaki dari penonton usai menonton video itu?
- Terakhir, buat video yang sesuai dengan pesan yang disampaikan dan jangan terlalu berbelit-belit, maka akan membuat penonton cepat bosan. Hal yang penting adalah penonton dapat memahami maksud video animasi tersebut.

2. Membuat storyboard

Cara membuat video animasi, yaitu dengan membuat storyboard. Seusai membuat naskah, kamu bisa lanjut guna membuat storyboard. Storyboard ini bermanfaat, supaya mempravisualisasikan ide cerita dari naskah yang dibuat. Bisa dibilang ini adalah gambaran kasar dari seluruh video secara berurutan sesuai naskah cerita.

Ini dapat sangat membantu, jika bagi pemula guna memperkirakan bagaimana video hendak dibuat. Storyboard biasanya dibuat pada bentuk panel dengan beberapa kotak yang berisi gambar adegan cerita. Tidak hanya memuat gagasan cerita visual, dengan storyboard kamu juga memuat bagaimana membidik objek sesuai ide cerita. Namun, dengan mempertimbangkan angle dan sinematografis.

3. Membuat video animasi

Cara membuat video animasi selanjutnya, yaitu membuat video animasi. Saat naskah dan voice over selesai, kamu dapat mulai membuat video animasi. Kamu memerlukan PC, software atau situs dalam pembuatan animasi, dan koneksi internet.

Kamu bisa mengandalkan kemampuan sendiri guna membuatnya. Namun, apabila tidak yakin dengan kemampuan dalam menghasilkan video yang bagus, maka dapat meminta bantuan pada jasa freelancer video atau start up yang fokus pada bidang pembuatan video animasi.

4. Membuat voice over

Cara membuat video animasi selanjutnya ialah dengan membuat voice over. Setelah penyusunan naskah usai dan kamu telah menentukan jenis animasi yang hendak dibuat, kamu dapat lanjut membuat voice over sesuai dengan naskah. Kamu harus mengingat bahwa naskah yang kamu buat telah memuat durasi waktunya, maka pengisi voice over tidak kebingungan dan hasilnya juga memuaskan. Video animasi yang dibuat akan disesuaikan dengan voice over.

Membuat voice over terlebih dahulu dibanding animasinya akan memberi kemudahan untukmu. Sebab apabila terdapat kesalahan, akan lebih mudah mengganti animasi dibanding mengganti voice over.

Tips guna memilih pengisi voice over ialah dengan menyesuaikan karakter animasi dengan pengisi voice over. Apabila karakter animasi yang dibuat ialah anak-anak dengan karakter ceria, maka pengisinya juga harus demikian. Sebaliknya, apabila karakter animasi yang dibuat merupakan orang dewasa yang penuh wibawa, maka pengisinya juga harus mempunyai suara yang serupa.

5. Background Musik
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara membuat video animasi ialah dengan menambahkan background musik. Musik latar ini akan menghidupkan dan mendukung suasana yang tengah mencoba dibangun oleh karakter animasi.

Maka, apabila tema yang diusung ceria, background musik juga harus sesuai supaya suasana kian tampak nyata. Sebaliknya, apabila tema video yang kamu buat penuh semangat atau sedih, efek musik yang diberikan juga harus mengikuti.

Kamu dapat memperoleh musik latar dengan membuat sendiri atau mencarinya di internet. Akan tetapi, upayakan audio musik yang kamu kehendaki ialah yang bebas hak cipta. Kamu dapat mencari background musik yang bebas hak cipta di Free Stock Music, Audio Library, YouTube, dan lainnya.

6. Menentukan jenis video animasi

Cara membuat video animasi yaitu dengan menentukan jenis video animasi. Adapun berbagai jenis video animasi yang sering dipakai, yakni:

- Animasi 2D.
- Animasi 3D.
- Stop Motion.
- Motion Graphic.
- Animasi tipografi.
- Animasi infografi.
- Animasi whiteboard.

7. Aplikasi pembuat video animasi

- FlipaClip merupakan aplikasi khusus untuk pengguna handphone. Walaupun sebatas bagi handphone, tetapi fitur-fitur yang disediakan oleh FlipaClip ini tidak perlu diragukan lagi.
- Pencil2D Animation, merupakan aplikasi agar membuat video animasi 2 dimensi di laptop. Software ini cocok untuk para pemula yang baru pertama kali belajar. Pencil2D Animation bisa diakses secara gratis dan mampu digunakan di semua platform, misalnya Mac, Windows, dan Linux.
- Draw Cartoons 2, aplikasi yang hendak memudahkanmu sebab tersedia berbagai jenis template karakter yang mampu dipakai secara gratis.
- Synfig Studio, aplikasi yang hampir mirip dengan Pencil2D. Ini juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk yang baru merintis channel YouTube. Kamu juga dapat memakainya dengan gratis tanpa perlu ada biaya berlangganan.
- Blender, ialah aplikasi yang bisa membantumu dalam membuat video animasi 3D. Blender menyediakan berbagai fitur menarik untuk para penggunanya yang hendak membuat motion tracking, game, 3D modelling, dan lainnya.
- Stick Nodes, yang mempunyai berbagai fitur yang disediakan oleh Stick Nodes maka dapat memungkinkan kamu dalam membuat animasi dengan karakter Stickman. Dalam menghasilkan sebuah gerakan, caranya ialah dengan menggerakkan karakter itu di setiap frame.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network