Cara Membuat Infografis di HP, Ketahui Tahapan dan Aplikasinya

"Cara membuat infografis di HP mudah banget, kamu bisa membuatnya dengan beberapa aplikasi."

Tech | 29 September 2022, 21:00
Cara Membuat Infografis di HP, Ketahui Tahapan dan Aplikasinya

Semakin pesatnya perkembangan teknologi memiliki dampak yang sangat besar, termasuk menjadi penyebab percepatan informasi. Salah satu contohnya adalah populernya infografis di media sosial.

Infografis ini secara singkat diartikan sebagai representasi atau gambaran dari sebuah informasi atau data yang dikemas dalam bentuk gambar. Lebih dalam lagi, infografis memuat informasi berupa tulisan, gambar, diagram dll yang tujuanya juga untuk memberikan penjelasan.

Dalam prosesnya, infografis dapat dibuat melalui beberapa tahapan. Sebelum memulai untuk membuat infografis, seorang designer harus memiliki data dan informasi yang akan dijadikan infografis.

Selain informasi dan data sebagai bahan untuk infografis, pembuatan infografis juga perlu memperhatikan aspek-aspek lain seperti penggunaan warna, bentuk font tulisan dan juga penempatan informasi. Untuk membuat infografis yang baik, maka sebagaiknya kamu menyimak ulasan berikut ini hingga selesai.

Cara Membuat Infografis di HP dengan Canva

Daun.id

istimewa

Untuk membuat infografis di HP, kami memberikan kamu saran untuk menggunakan aplikasi Canva sebagai tolls yang akan memudahkan kamu membuat infografis. Cara mengoperasikan Canva di HP cukup mudah, ikutilah cara-cara berikut ini.

- Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah medownload aplikasi Canva di HP kamu.

- Buka aplikasi Canva dan pilih menu All Categories.

- Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan infographic dan pilih.

- Kemudian pilih kategori infographic sesuai dengan tema yang ingin kamu buat.

- Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tema infographic yang paling sesuai dengan keinginan dan pilih.

- Klik edit untuk mengedit tampilan dan isi infografis sesuai dengan yang kamu inginkan.

- Kamu bisa berkreasi sebebas mungkin karena opsi editing di aplikasi ini lumayan banyak.

- Setelah semuanya dirasa cukup, klik ikon checklist di sudut kiri atas.

- Untuk menyimpan desain yang telah dibuat klik icon download di sebelah kanan atas.

Aplikasi Pembuat Infografis di HP

Selain dari Canva, ada beberapa aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat infografis di HP. Simak ulasan berikut ini hingga selesai.

Piktochart
Daun.id

istimewa

Piktochart adalah salah satu pilihan yang menarik untuk membuat berbagai jenis infografis. Anda dapat memilih beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infografis yang berbentuk vertikal, ukuran powerpoint, poster, dan laporan.

Untuk membuat desain infografis di Piktochart tergolong mudah. Kamu bisa membuat desain infografis kamu sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan. Beberapa template ada yang gratis ada pula yang berbayar.

Mind the Graph
Berikutnya, ada situs bernama Mind the Graph. Situs atau website tersebut dapat membantu kamu untuk membuat infografis. Sosok dibalik situs tersebut adalah komunitas peneliti dan ilmuwan. Namun, tidak perlu khawatir karena mereka mengizinkan akses nya untuk umum.

Setidaknya terdapat 3.000 ilustrasi ilmiah dan template infografis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun, terdapat peraturan khusus, yaitu pengguna gratis tidak dapat menggunakan template infografis yang dibuat oleh Mind the Graph.

Easl.ly

Daun.id

istimewa

Easl.ly merupakan website yang tergolong paling mudah bagi Anda yang ingin membuat infografik. Kamu juga diberikan kebebasan apakah ingin membuat sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan.

Setelah Anda menemukan template yang cocok untuk Anda gunakan Anda akan dibawa ke window baru di mana Anda dapat langsung mendesain infografik sesuai dengan selera Anda. Easl.ly juga memiliki beragam tools, seperti background, shapes, text dan charts.

Visme

Visme sebuah servis yang tergolong masih baru. Visme memberikan pilihan untuk membantu Anda untuk membuat presentasi, animasi, mock-up, banner dan tentu saja membantu Anda untuk membuat desain infografis secara online.

Seperti tool lainnya Visme juga memberikan beberapa template untuk Anda gunakan. Beberapa dari template memang ada yang gratis, tapi juga ada beberapa yang berbayar. Template yang tersedia tentu saja akan memudahkan Anda untuk membuat desain infografis yang Anda butuhkan.

Snappa
Snappa merupakan salah satu tool desain yang terbaik bagi Anda yang tidak mengerti tentang desain. Dengan Snappa Anda dapat membuat gambar visual yang menarik dan layak untuk Anda publikasikan secara online. Tool ini sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan sehingga mereka dapat menawarkan hasil yang menarik.

Snappa juga menyediakan berbagai macam template yang bisa Anda gunakan secara gratis namun ada juga yang harus berbayar untuk menggunakannya. Apabila Anda cukup kreatif snappa juga menyediakan kanvas kosong yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Biteable

Membuat desain infografis juga bisa berbentuk video. Biteable adalah satu online tool gratis yang dapat membantu Anda untuk membuat infografis dalam format video. Tentunya hal ini membuat desain infografis Anda tampak lebih unik lagi. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya