Cara Melihat Nomor STNK Motor dan Cara Membayar Pajak Online

"Jika kamu bingung bagaimana cara melihat nomor STNK motor secara online dan cara membayar pajaknya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya."

Tech | 05 October 2022, 17:25
Cara Melihat Nomor STNK Motor dan Cara Membayar Pajak Online

STNK adalah sebuah berkas yang amat penting untuk dimiliki oleh pengguna kendaraan bermotor. STNK atau Surat Tanda Kendaraan Bermotor merupakan sebuah tanda bukti pengesahan kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh SAMSAT. SNTK ini menjadi bukti sah kepemilikan terhadap suatu kendaraan.

SNTK wajib dibawa oleh setiap pengendara ketika sedang bepergian. Berdasarkan Undang Undah Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkatan Laut (LLAJ), STNK merupakan salah satu kelengkapan kendaraan yang wajib dibawa oleh setiap pengendara.

Di dalam STNK terdiri atas identitas pemilik dan juga motor. Berikut ini adalah isi dari STNK yaitu, nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik, merk/tipe motor, jenis/model motor, tahun pembuatan/perakitan,isi silinder, warna motor, nomor rangka motor/NIK, nomor mesin, nomor  BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, nomor STNK dll.

Cara Melihat Nomor STNK Motor

Dimana letak nomor STNK? Jika kamu bingung dimana letak nomor STNK, berikut ini kami akan memberikan penjelasanya dengan lengkap. Perlu kamu ketahui bahwa nomor STNK terletak pada sisi atas sebelah kanan tulisan 'Kepolisian Negara Republik Indonesia' dan 'Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor'.

Nomor STNK atau nomor seri STNK ini berbentuk angka berwarna hitam dan dipadatkan dengan efek warna merah muda. Dengan begitu, kini kamu bisa mengidentifikasi nomor STNK dengan mudah.


Cara Bayar Pajak Kendaraan melalui Website e-Samsat

Daun.id

istimewa

Berikut ini adalah cara melihat pajak kendaraan melalui website e-Samsat.

1. Buka link https://e-Samsat.id;

2. Isilah formulir yang berada pada halaman tersebut (plat, nomor, seri, nomor rangka dan provinsi);

3. Klik Cek Sekarang;

4. Kemudian akan muncul info dan besaran nominal yang harus kamu bayar. 

5. Kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih. Jangan lupa untuk menyimpan kode bayarnya. 

6. Usai membayar Anda akan mendapatkan e-TBPKP dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari. Pihak Samsat akan mengirimkan berkas SKPD atau TBKP serta stiker Pengesahan STNK menggunakan jasa ekspedisi ke alamat yang sudah dikonfirmasikan atau KTP. 

Informasi-Informasi Penting STNK

Daun.id

istimewa

Ada beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang STNK. Meskipun telah dijelaskan di atas, lebih lengkap, kamu bisa menyimak ulasan berikut dengan seksama. Berikut informasi seputar keterangan-keterangan yang ada di STNK:

1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan besaran pajak yang harus dibayarkan baik per tahun maupun per lima tahun. Pajak ini merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan.

2. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)
SWDKLLJ merupakan biaya yang harus dibayarkan bersama dengan pembayaran PKB. Dengan membayar pajak ini, maka kamu secara otomatis sudah terdaftar sebagai pengguna asuransi Jasa Raharja.

3. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB)
Informasi ini menunjukkan besaran biaya yang perlu kamu bayar jika mengubah kepemilikan kendaraan bermotor.

4. Biaya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)
Biaya TNKB merupakan besaran biaya yang perlu kamu bayar untuk mencetak pelat nomor baru di Samsat. Umumnya, pembayaran ini dilakukan setiap pembayaran PKB lima tahunan bersama dengan pembayaran SWDKLLJ dan penerbitan STNK baru.

5. Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB)
NRKB adalah simbol atau tanda berupa huruf atau angka atau kombinasi huruf dan angka yang memuat kode wilayah dan nomor registrasi kendaraan. NRKB berfungsi sebagai registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya