Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop dan HP, Mudah Banget

"Cara melihat hasil screenshot di laptop dan HP mudah sekali, berikut ini langkah mudahnya."

Tech | 07 October 2022, 15:48
Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop dan HP, Mudah Banget

Tangkapan layar atau screenshot adalah sebuah kegiatan mengambil foto dari tampilan layar yang sedang tampil pada perangkat kamu, baik itu itu laptop atau pun HP. Tentu fitur screenshot ini bukan lagi hal baru untuk kaum milenial yang lebih dengan teknologi.

Dengan fitur screenshot kamu bisa mengambil gambar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan di layar kamu, misalnya mengambil gambar chattingan wa kamu, atau yang lainya. Namun pada beberapa aplikasi atau sistem, screenshot tidak dapat kamu gunakan karena memang sudah diatur demikian.

Pada sebagian perangkat, screenshot dapat kamu lakukan dengan lebih panjang dari layar yang semestinya. Namun itu juga berpengaruh pada hasil pixel gambar yang menjadi lebih buram dari pada screenshot yang diambil secara sempurna.

Mengerti tentang screenshot dan fungsinya menjadi hal yang cukup penting kamu pelajari. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar seputar screenshot, baik itu screeshot di laptop atau pun di HP.

Cara Melakukan Screeshot di HP dan Laptop

Daun.id

pexels.com


Cara Melakukan Screenshot di HP

Berikut ini adalah cara screenshot menggunakan HP samsung dengan tipe S20 FE:

- Untuk melakukan screenshot, tekan tombol volume bawah (down) dan tombol daya (power) secara bersamaan.

- Setelah itu akan muncul jendela pop-up kecil di bagian bawah, yang menampilkan beberapa opsi.

- Klik opsi "Scroll Capture" (ikon berbentuk empat panah) untuk menggulirkan tangkapan layar.

- Gulirkan layar hingga ke bagian bawah untuk menangkap seluruh tampilan secara utuh.

- Sebelum disimpan, kamu juga bisa melihat sekilas, bagaimana hasil tangkapan layar tersebut, lewat jendela "Preview" yang terletak di pojor kiri bawah.

- Jika sudah, tekan tombol "Back" untuk menyimpan hasil tangkapan layar.

- Secara otomatis, gambar hasil screenshot akan tersimpan di galeri kamu.

Cara Melakukan Screenshot di Laptop
Daun.id

pexels.com

Berikut ini adalah cara screenshot menggunakan Laptop. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sesuai dengan tipe laptop kamu. Kamu dapat mencobanya satu per satu.

- Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)
Untuk menangkap seluruh layar, pencet tombol Print Screen (PrtScn). Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai berkas, tetapi akan disalin ke clipboard.

Oleh karena itu, kamu harus membuka aplikasi pengeditan gambar seperti Microsoft Word atau Paint, dan salin screenshot yang baru diambil ke aplikasi tersebut. Setelah hasil terlihat di layar, kamu tinggal menyimpan gambar hasil tangkapan layar.

- Menggunakan Tombol Alt + Prtscn
Untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dari Windows aktif, gunakan pintasan keyboard Alt + PrtScn.

Ini akan menangkap Windows kamu yang sedang aktif dan menyalin tangkapan layar ke clipboard. Kamu harus membuka aplikasi di editor gambar untuk menyimpannya.

- Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn
Untuk menangkap seluruh layar dan secara otomatis menyimpan tangkapan layar, tekan tombol Windows key + tombol Prtscn.

Layar kamu akan meredup sebentar untuk menunjukkan bahwa kamu baru saja mengambil tangkapan layar, dan tangkapan layar akan disimpan ke folder gambar > tangkapan layar.

- Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S
Layar akan meredup dan penunjuk mouse laptop akan berubah. kamu dapat menarik kursor untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya.

Tangkapan layar akan disalin ke clipboard  yang dapat kamu tempelkan ke program atau aplikasi lain. (Pintasan ini hanya berfungsi jika kamu menginstal sistem operasi Windows 10 versi terbaru).

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop dan HP


Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Kalo kamu masih bingung dimana kamu menemukan file hasil screenshot. Berikut adalah penjelasan dan langkah singkanya. Untuk melihat hasil screenshot di laptop, kamu bisa menemukanya di File Explorer >> Pictures >> Screenshot >> Gambar Hasil Screenshot.

Cara Melihat Hasil Screenshot di HP
Cara melihat hasil screenshot di HP bisa kamu lakukan dengan cara mudah berikut ini. Pertama, kamu dapat menemukanya di Menu Galeri atau Foto. Kedua, kamu dapat menemukan hasil screenshot kamu di Berkas/File Manager >> Internal >> DCIM >> Screenshot >> Gambar Hasil Screenchot.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya