Cara Melihat Email Sudah Dibaca Atau Belum, Ketahui Fungsi Fitur-Fiturnya

"Begini cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat email yang sudah dibaca atau belum dibaca. Berikut juga fitur-fitur pada email."

Tech | 24 October 2022, 19:53
Cara Melihat Email Sudah Dibaca Atau Belum, Ketahui Fungsi Fitur-Fiturnya

Email merupakan suatu hal yang sangat sering kita butuhkan dan pergunakan di kehidupan saaat ini. Email ini cukup penting dalam dunia pekerjaan khususnya yang bekerja di perkantoran. Tidak seperti masa lalu yang harus berkirim surat melalui kantor pos agar dapat menerima pesan, dengan email berkirim pesan menjadi lebih mudah dan murah.

Umumnya, perusahaan akan memanfaatkan email sebagai media untuk mengirimkan dokumen tertentu. Seperti para pelamar pekerjaan, akan menggunakan email untuk mengirimkan berkas lamarannya ke perusahaan yang dituju. Meski demikian, sebagian besar belum tahu banyak tentang fungsi dari pada email ini.

Email merupakan singkatan dari electronic mail. Sesuai dengan namanya, email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan bantuan komputer, smartphone, atau tablet dengan bantuan koneksi internet. Pada fungsinya, email ini sama seperti surat-surat yang biasa kita tulis di kertas. Namun pada email kita menulisnya di layar elektronik. Begitu juga saat mengirimkan, kita tidak menggunakan jasa pak pos melainkan bantuan internet.

Fungsi Email yang Wajib Kamu Ketahui

Daun.id

unplash.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, email ini adalah perkembangan dari surat kertas dan kantor pengiriman surat. Di email keduanya dapat diringkas menjadi satu dengan sistem yang lebih mudah dan murah. Untuk memahami lebih dalam tentang Email, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang fungsi dari Email.

Mengirim dan Menerima Pesan
Dengan email, selain lain cepat, kamu juga tidak perlu menghabiskan biaya terlalu banyak hanya untuk mengirimkan pesan. Tidak perlu lagi biaya naik kendaraan, biaya membeli perangko, dan pengiriman. Satu-satunya hal yang kamu butuhkan untuk memastikan email itu sampai adalah kuota yang cukup dan jaringan internet yang stabil.

Mengirim dan Menerima File
Di awal kemunculannya, email hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan saja. Namun seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan seperti Google juga berusaha memperbaiki dan menambahkan berbagai fasilitas bagi penggunanya.

Pada Gmail, kamu bukan hanya bisa mengirimkan pesan atau menerima pesan dari orang lain. Lebih dari itu, kamu bisa mengirimkan file berupa foto, video, atau dokumen kepada orang lain dengan sangat mudah. Caranya hanya tinggal mengklik tombol attachment, dan kamu akan memiliki pilihan untuk mengirimkan berbagai file.

Sebagai Identitas Diri

Selain menjadi syarat wajib untuk membuat smartphone berfungsi dengan baik, email juga menjadi syarat wajib bagi banyak hal. Mulai dari mendaftar media sosial, wajib menggunakan email. Begitu pun dengan banyak aplikasi lainnya seperti aplikasi e-commerce yang mewajibkan kamu untuk mendaftar dengan menggunakan email.

Cara Kerja Email yang Harus Kamu Tahu

Setelah membaca ulasan di atas, tentu kamu penasaran tentang bagaimana cara kerja dari Email ini. Cara Kerja email dapat simak berikut ini dengan penjelasan yang singkat:

- Pastikan kamu sudah memiliki email kamu sendiri.

- Buka email kamu dari HP atau pun Dekstop.

- Setelah kamu mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang ingin dituju, server otomatis akan mengidentifikasi alamat yang dituju.

- Setelah alamat penerima email sudah ditemukan, server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.

- Setelah pengguna email menyadari & membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang sudah tersimpan di dalam server ke dalam komputer.

- Setelah selesai pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut.

Cara Membuat Email Google di HP dan Dekstop

Daun.id

unplash.com

Salah satu jenis Email yang populer adalah Gmail. Seperti yang telah dijlaskan di atas, Email ini adalah sebuh identitas diri kita saat menjelajah ke dunia internet. 

Gmail merupakan produk google yang cara mendaftarnya sangat mudah anda cukup menyiapkan nomor seluler sebagai verifikasi, untuk langkahnya sebagai berikut:

- Silhakan masuk ke alamat link berikut https://mail.google.com/mail/.

- Pada halaman ini akan ada dua kolom untuk log in, maka silahkan memilih menu daftar.

- Silahkan isi setiap kolom sesuai arahan yang ada. 

- Jangan lupa memasukan nomor hp yang belum digunakan untuk mendaftar gmail.

- Selanjutnaya anda akan mendapatkan sms kode otp di nomor seluler dari google silahkan masukan pada kolom perintah verifikasi.

- Kemudian klik selesi maka anda akan diarahkan ke halaman gmail kamu.

Cara Melihat Email Sudah Dibaca Atau Belum

Terdapat tiga cara untuk mengetahui email yang Anda kirim sudah dibaca oleh penerima atau belum, yakni melalui MailTrack, G Suite, dan Microsoft Outlook.

Jika Anda ingin mencobanya, simak langkah-langkahnya berikut ini dilansir dari ubergizmo.com.

Dengan MailTrack

MailTrack merupakan ekstensi browser untuk Chrome, Firefox, Opera, dan Edge yang menawarkan layanan pelacakan email. Dengan ekstensi ini kamu dapat mengetahui apakah email yang dikirim sudah dibaca atau belum. Berikut langkah-langkah menggunakan MailTrack:

- Buka browser Google Chrome

- Klik menu titik tiga di pojok kanan atas

- Klik "Setting/Setelan"

- Pilih menu "Ekstensi" di menu bar bagian kiri

- Selanjutnya pilih menu tiga garis vertikal di sebelah kiri

- Klik "Chrome Web Store"

- Ketik "Mailtrack" di kolom search

- Kemudian pilih "Add to Chrome" dan "Add Extensions" untuk instal ekstensi

- Lalu klik "Connect with Google"

- Setelah ekstensi terinstal, segera cek Gmail kamu. Kamu akan melihat ikon centang dua hijau di menu email yang sudah dibaca.

Jika email belum terbaca, muncul checklist satu, sedangkan jika email sudah terbaca akan muncul checklist dua.

Dengan G Suite
Google sebenarnya mengizinkan pelacakan email, tetapi fitur ini hanya tersedia bagi Anda yang berada di bawah program G Suite. Berikut langkah-langkahnya:

- Menulis email baru di Gmail.

- Kemudian di bagian bawah jendela "Write" klik "More".

- Setelah selesai menulis email, tekan kirim dan kamu akan diberi tahu saat email telah dibaca.

Microsoft Outlook
Microsoft Outlook sudah memiliki fitur tanda terima baca email. Pengguna hanya perlu mengaktifkannya.Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

- Buka file, kemudian pilih opsi.

- Kemudian pilih "Mail".

- Di bagian bawah "Tracking", pilih "Delivery receipt" yang mengonfirmasikan pesan dikirim ke server email penerima atau "Read receipt" yang mengonfirmasi penerima melihat kotak centang pesan.

- Selanjutnya pilih OK dan pengguna sudah dapat menggunakan fitur tersebut.

- Metode ini akan menerapkan permintaan tanda terima baca untuk semua email pengguna yang dikirim dari Outlook.

Jika kamu ingin melacak setiap email tunggal, ada opsi untuk melacak email tunggal.

- Tulis email baru.

- Pilih kota centang di bawah "Options".

- Kemudian pilih "Tracking".

- Klik "Request a Read Receipt".

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya