4 Cara Mencari Akun FB Yang Hilang dengan Mudah, Jangan Panik

"tak perlu panik"

Tech | 25 October 2022, 11:30
4 Cara Mencari Akun FB Yang Hilang dengan Mudah, Jangan Panik

Sampai hari ini Facebook tetap menjadi salah satu akun media sosial yang sering digunakan untuk mencari bebrbagai informasi. Memantau kabar, juga sudah menjadi tempat berbisnis yang dimanfaatkan oleh semua orang untuk berjejaring.

Tapi pasti pernah mengalami akun media sosial yang tiba-tiba menghilang begitu saja. Tak perlu panik, itu bisa dikembalikan dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Cara Mencari Akun Facebook Hilang via Status Login
Meskipun terkesan sepele, namun hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara mencari akun FB yang hilang adalah dengan mengecek status login. Cara ini menjadi yang termudah untuk dilakukan, karena hanya perlu mengganti password secara manual.

Daun.id

sumber: pixabay

Berikut langkah-langkah mengembalikan akun hilang via status login:
- Buka Facebook
- Pilih menu Pengaturan & Privasi > Pengaturan
- Pilih menu Keamanan & Info Login > Ubah kata sandi
- Jika tidak ingat password akun Facebook saat ini, maka bisa klik "Forgot your password?" di bagian bawah untuk mengubahnya melalui email atau nomor telepon

Catatan: Gunakan password yang kuat dengan kombinasi huruf dan angka untuk meminimalisasi pembobolan akun. Jika perlu, catat password baru di tempat yang aman namun mudah ditemukan. Hal ini berguna jika ingin login lagi di kemudian hari dan agar tidak kembali kehilangan akun Facebook.

2. Cara Mencari Akun Facebook Hilang via Reset Password

Jika ternyata sudah logout dari akun Facebook di semua perangkat, tidak perlu khawatir, geng. Masih ada cara lain untuk bisa mendapatkan kembali akun yang hilang.

Cara menemukan akun Facebook yang hilang selanjutnya adalah dengan mencoba login melalui sistem account recovery seperti berikut ini.
- Buka Facebook
- Klik "Lupa akun?" yang di bawah kolom Password
- Di halaman "Temukan Akun Anda", masukkan email atau nomor HP
- Pilih 1 dari 3 opsi atur ulang sandi
- Masukkan kode keamanan yang diberikan

Sebagai informasi, Facebook akan menawarkan tiga pilihan untuk mengatur ulang kata sandi, yaitu dengan cara masuk ke akun Google, mengirim kode melalui email, atau mengirim kode melalui SMS. Cukup memilih satu yang menurutmu paling mudah.

3. Cara Mencari Akun Facebook Hilang via Kontak Terpercaya
Kontak Terpercaya adalah 3 sampai 5 teman di Facebook yang bisa dipilih untuk membantu masuk ke akun Facebook jika terjadi kendala. Harus sudah mengatur pilihan Kontak Terpercaya sebelum logout dari akun Facebook.

Daun.id

sumber: pixabay

Kalau sudah berhasil mendapatkan kembali akun Facebook yang hilang, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur Kontak Terpercaya:
- Buka Facebook
- Masuk ke menu Keamanan & Info Login > Pilih Kontak Terpercaya
- Masukkan 3-5 teman di Facebook yang kamu percaya
- Logout dari akun Facebook, pilih "Lupa akun?"
- Pilih Tampilkan Kontak Terpercaya Saya di bagian Minta Bantuan pada Kontak Terpercaya
- Ikuti instruksi yang diberikan Facebook

4. Cara Mencari Akun Facebook Hilang via Laporan Hack
Hilangnya akun Facebook bisa jadi disebabkan oleh tindak peretasan atau hacking dari pihak tidak bertanggungjawab. Biasanya akun Facebook yang sudah di-hack akan hilang atau berpindah tangan.

Berikut langkah-langkah mengembalikan akun hilang via laporan hack:
- Buka browser dan akses facebook.com/hacked
- Isi email, nomor HP, dan kata sandi FB
- Klik log in
- Masukkan email baru untuk setel ulang password
- Klik lanjutkan dan isi formulir
- Konfirmasi dan tunggu proses verifikasi.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Lupa Semuanya
Sudah melakukan 4 hal di atas namun tetap belum bisa kembali. Bisa melakukan cara mengembalikan akun Facebook yang lupa semuanya di bawah ini. Tidak perlu panik lagi ada di situasi seperti ini. Bisa cek caranya yuk disimak:

Jika dan pasti mengalami situasi lupa password akun media sosial seperti Facebook (FB). Bisa mengembalikannya melalui email recovery atau reset password.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya