Cara Mencari Median Data Kelompok, Pahami Langkahnya

"Cari median data kelompok dengan mudah."

Life | 30 October 2022, 19:30
Cara Mencari Median Data Kelompok, Pahami Langkahnya

Median merupakan nilai tengah dari data yang telah diurutkan. Nilai median tersebut didapatkan dari data yang jumlahnya genap sebanyak n berada di antara data ke–(n/2) dan ke–(n/2 + 1). Adapun, nilai median dari data yang jumlahnya ganjil sebanyak m merupakan data ke–(m/2 + 1).

Jika data tunggal, nilai median mampu diperoleh dari mengurutkan datanya lalu mencari nilai tengahnya. Contohnya diketahui data tunggal terurut ialah 45, 48, 55, 68, 70, 82, dan 88. Adapun nilai median dari kumpulan nilai-nilai data tunggal itu ialah 68.

Selain itu, kamu juga dapat mencari median data kelompok dengan cara sebagai berikut, yakni:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Jika kamu hendak menghitung median data kelompok, kamu bisa mencoba dengan bantuan rumus median data kelompok. Perlu kamu pahami ialah menentukan letak kelas median tersebut. Jika kamu telah mengetahui letak kelas median, maka kamu perlu mengetahui batas bawah kelas median (Tb), frekuensi komulatif kurang dari kelas median (fkk), frekuensi kelas median (fi), banyak data (n), dan panjang kelas (l).

Kemudian, batas bawah kelas median (Tb) ialah nilai terendah dari kelas median dikurangi 0,5. Contohnya, letak median terletak di rentang kelas 51 – 60. Nilai terendah dari kelas itu ialah 51, maka batas bawah kelas median ialah Tb = 51 – 0,5 = 50,5.

Banyak data (n) adalah jumlah dari frekuensi di semua kelas. Penjumlah frekuensi dari setiap kelas secara berurutan di setiap kelas dikenal dengan frekuensi komulatif. Frekuensi komulatif kurang dari kelas median (fkk) merupakan jumlah semua frekuensi dari semua kelas sebelum kelas median. Selain itu, frekuensi kelas median (fi) merupakan banyaknya data (frekuensi) dari kelas median.

Selanjutnya, panjang kelas (l) menunjuk terhadap banyak data di rentang kelas. Panjang kelas mampu diketahui lewat selisih antara batas atas kelas dan batas bawah kelas. Contohnya sebuah data kelompok berada pada rentang 1–5, 6–10, 11–15, dan seterusnya. Sehingga, panjang kelas dari penyajian data kelompok itu ialah l = 5,5 – 0,5 = 10,5 – 5,5 = … = 5. Pada data kelompok umumnya diberikan dengan panjang kelas (l) yang sama bagi setiap kelas.

Contoh soal:

Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Diketahui banyaknya data (n):
n = 2 + 8 + 10 + 16 + 12 + 8 + 4
n = 60

Median dari data dengan jumlah genap berada di antara data ke-n/2 dan ke-(n/2 + 1). Maka, median di data kelompok seperti yang terdapat di soal berada antara data ke-30 dan data ke-31 (kelas 35 – 39).

Diketahui:

Banyak data: n = 60
Panjang kelas: l = 5
Frekuensi kelas letak data median: fi = 16
Frekuensi komulatif kurang dari kelas median: fkk = 20
Batas bawah kelas median: Tb = 34,5

Menghitung nilai median (Md), yakni:
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Maka, median dari berat badan siswa ialah 62,5.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya