3 Cara Mencari Perbandingan, Dilengkapi Contoh Soal dan Penyelesaian

"Rumus mudah mencari perbandingan."

Life | 31 October 2022, 16:51
3 Cara Mencari Perbandingan, Dilengkapi Contoh Soal dan Penyelesaian

Salah satu materi dalam mata pelajaran Matematika ialah perbandingan atau rasio. Beberapa permasalahan dalam kehidupan dapat diselesaikan dengan konsep perbandingan. Perbandingan merupakan suatu cara atau teknik atau cara dalam membandingkan dua besaran. Simbol yang digunakan untuk perbandingan sebagai berikut; a : b atau a/b, a dan b dapat dikatakan dua besaran dengan nilai yang sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, perbandingan ini dapat diterapkan dalam menyelesaikan berbagai masalah. Misalnya saat menyiapkan bahan-bahan masakan untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu kita juga dapat menemui perbandingan pada skala gambar peta, misalnya 1:1.000.000 dan lain sebagainya.

Jenis-jenis perbandingan

Daun.id

sumber; pexels.com

Sebelum melangkah lebih jauh dalam mencari perbandingan, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis perbandingan. Tentu jika dilihat dari penyelesaian dalam kehidupan sehari-hari, memiliki beragam jenisnya. Berikut ini jenis-jenis perbandingan:

1. Perbandingan senilai

Perbandingan ini juga dapat disebut sebagai proporso yaitu perbandingan dengan melibatkan dua rasio yang sama. Secara sederhana kita dapat memaknainya suatu pernyataan yang menyatakan dua rasio adalah sama. Perbandingan nilai memiliki rumus sebagai berikut ini; a1/a2 = b1/b2. Contoh sederhananya perbandingan banyaknya tepung dengan mie, jika semakin banyak tepung maka akan semakin menghasilkan banyak mie pula.

2. Perbandingan berbalik nilai

Perbandingan berbalik nilai ialah suatu perbandingan antara dua besaran akan tetapi terdapat tambahan variabel, maka variabel berkurang atau sebaliknya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat melihat seorang peternak yang membandingkan jumlah makan dan banyaknya ternak di kandang. Perbandingan ini dapat ditulis sebagai berikut; a:b berbanding terbalik dengan harga p:q atau a:b = (1/p) : (1/q) = q:p maka a x p = b x q.

3. Perbandingan bertingkat

Perbandingan bertingkat ini merupakan suatu perbandingan yang melibatkan lebih dari satu perbandingan. Misalnya perbandingan jeruk Jono dan Rudi adalah 3:5, sedangkan perbandingan jeruk Jono dan Aziz adalah 4:3. Dalam menyelesaikan perbandingan ini perlu menentukan rasio terlebih dahulu dari milik ketiganya.

Cara Mencari Perbandingan

Daun.id

sumber; pexels.com

Jika kita melihat penjelasan detail di atas, dapat mengetahui cara mencari perbandingan akan dapat membantu banyak penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memahami cara mencari perbandingan, simaklah ulasan detailnya di bawah ini:

1. Buatlah model suatu permasalahan yang akan diselesaikan.

2. Selanjutnya, menentukan jenis perbandingan dalam suatu permasalahan yang akan diselesaikan.

3. Menyusun persamaan dan hitung perbandingan dalam menentukan informasi yang ingin diperoleh dengan menggunakan rumus perbandingan.

Contoh soal:

Rudi naik motor menempuh jarak 72 KM dengan menghabiskan 9 liter bensin, jika rudi hanya memiliki 3 liter bensin, berapa jarak yang dapat ditempuh?

Penyelesaian:

Bensin 9 liter = 72 KM
Bensin 3 liter = x

9/3 = 72/X
X = (3X72)/3 = 24 KM

Dari langkah ini dapat diketahui bahwa dengan 3 liter bensin, Rudi dapat menempuh jarak 24 kilometer.

Itulah rumus dan contoh soal dalam mencari perbandingan. Rumusnya sangat simpel dan mudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya