Cara Mencari Tinggi Tabung dan Contoh Soalnya

"Cari tinggi tabung dengan mudah dan tepat."

Life | 01 November 2022, 07:14
Cara Mencari Tinggi Tabung dan Contoh Soalnya

Tinggi tabung merupakan salah satu unsur pembentuk tabung. Tinggi tabung ialah garis tegak lurus antara jari-jari dan selimut tabung yang mengaitkan alas dan tutup tabung.

Seperti yang diketahui, tabung adalah salah satu bangun datar yang dapat dicari tinggi tabungnya. Adapun cara mencari tinggi tabung, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut:

Contoh soal:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebuah tabung diketahui memiliki volume 3080 cm³ dan diameter alasnya berukuran 14 cm. Maka, berapa tinggi tabung dari bangunan tersebut?

Jawaban:

Dikutip dari Cuemath, dalam mencari tinggi tabung dibutuhkan nilai volume (V) dan jari-jari (r). r = ½ d = ½ x 14 = 7 cm maka, tinggi tabung itu ialah:

t = V/( p x r²)
t = 3080/(22/7 x 7 x 7)
t = 3080/(22 x 7)
t = 3080/154 t = 20 cm

Selain cara tersebut, kamu juga dapat mengetahui rumus tinggi tabung apabila diketahui luas permukaan dan jari-jarinya. Dikutip dari Lumen Learning, luas permukaan tabung merupakan dua kali luas alasnya yang bentuknya lingkaran ditambah dengan luas selimutnya yang berbentuk lingkaran. Adapun rumus tinggi tabung, apabila diketahui luas permukaan dan jari-jarinya, yakni:

L = (2 x π r²) + 2 πrt
L = 2πr (r+t)
(r+t) = L/2πr
t = (L/2πr) – r

Dengan,
L: luas permukaan tabung (m²)
r= jari-jari tabung (m)
t= tinggi tabung (m)
π= phi (3,14 atau 22/7)

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya