Cara Mencari Percepatan, Ketahui Jenis dan Rumusnya

"Percepatan suatu benda dapat diketahui dengan rumus ini."

Tech | 02 November 2022, 08:40
Cara Mencari Percepatan, Ketahui Jenis dan Rumusnya

Mencari percepatan ini dilakukan untuk mengetahui perubahan kecepatan pada suatu benda. Materi ini akan kita jumpai saat membahas mata pelajaran fisika. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menjumpai kendaraan mulanya berjalan pelan, kemudian semakin cepat. Nah, kira-kira itulah contoh secara sederhananya.

Percepatan berarti menyatakan suatu laju perubahan kecepatan dalam suatu waktu tertentu. Dalam ilmu fisika juga sering disebut dengan besaran vektor, merupakan suatu besaran yang memiliki ukuran dan arah seperti halnya gaya kecepatan. Memang mendengar materi ini agak sedikit rumit, namun semua dapat diurai ketika sudah mengetahui rumusnya.

Melihat beberapa penjelasan di atas, kita akan mencoba menarik kesimpulan. Bahwa percepatan ialah suatu perubahan kecepatan benda pada periode waktu tertentu. Tergolong besaran vektor, sebab memiliki nilai dan arah. Untuk mencari percepatan ini, secara detailnya akan dibahas sahabat daun di bawah ini.

Cara Mencari Percepatan

Daun.id

sumber; pixabay.com

Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mencari percepatan ialah mengetahui rumusnya terlebih dahulu. Sehingga dapat memudahkan kita dalam menemukan suatu percepatan benda. Berikut ini rumus-rumusnya:

a = ∆v /t
a = (v1 - v0)/ t

Keterangan:

a : percepatan rata – rata (m/s2)
Δv : perubahan kecepatan (m/s)
Δt : selang waktu (s)
V1 : waktu awal (m/s)
V2 : kecepatan akhir (m/s)
t1 : waktu awal (s)
t2 : waktu akhir (s)

Contoh soal:

Joko naik motor mengelilingi monas dengan menempuh jarak 900 meter dengan membutuhkan waktu tempuh 50 detik. Tiba-tiba Rudi menyusulnya dari belakang, melihat itu Joko mempercepat motor 15 m/s dalam waktu 3 detik. Berapakah percepatan laju motor tersebut?

Penyelesaian:

s = 900 m
t0 = 50 s
v = s/t
v0 = 900 m/50 s
v0 = 18 m/s

a = (v1 - v0)/t
a = (50 m/s - 18 m/s)/ 3 s
a = 32/3
a = 10,67 m/s²

Itulah rumus dan contoh soal dalam mencari percepatan, melalui rumus ini kita dapat menemukan percepatan suatu benda dengan mudah. Jika masih bingung langsung praktikkan contoh sama persis di atas.

Jenis-Jenis Percepatan

Daun.id

sumber; pixabay.com

Jika dilihat dalam ilmu fisika, percepatan ini memiliki dua jenis yang perlu diketahui. Ada percepatan sesaat, hingga percepatan rata-rata. Rumusnya juga berbeda-beda, untuk mengetahui secara detailnya, berikut ini penjelasannya:

1. Percepatan rata-rata

Dalam kehidupan sehari-hari jika kita melihat suatu benda bergerak semakin cepat, artinya benda tersebut mengalami percepatan. Percepatan ini juga dapat disebut sebagai akselerasi, sebuah proses perubahan kecepatan dalam periode waktu tertentu. Percepatan rata-rata adalah perubahan kecepatan suatu benda dalam selang waktu, dengan periode yang digunakan saat perubahan momen kecepatan itu terjadi, berikut ini rumusnya:

Percepatan = Perubahan Kecepatan/Perubahan Waktu

a = Δv/Δt = V2-V1/t2-t1

2. Percepatan sesaat

Percepatan ini dapat kita maknai perubahan waktu yang tejadi dalam periode yang sangat singkat, hal ini dapat diukur melalui metode percepatan sesaat. Dalam ilmu fisika, jenis percepatan ini dapat disebut percepatan kedua. Istilahnya sebagai percepatan rata-rata dengan nilai Δt semakin kecil atau mendekati nol. Berikut ini rumusny:

a = Δt lim -> 0 Δv/Δt.

Itulah jenis percepatan yang dapat diketahui dalam ilmu fisika. Mengetahui jenis percepatan dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan mencari percepatan. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya