Cara Mencari MOL atau Jumlah Satuan Zat, Begini Rumusnya

"Terkait cara mencari MOL atau jumlah satuan zat, kamu bisa mengikuti ulasan berikut ini untuk bisa memahaminya secara singkat."

Life | 02 November 2022, 19:44
Cara Mencari MOL atau Jumlah Satuan Zat, Begini Rumusnya

Pengertian Mol dan Persamaan Reaksi

Mol merupakan jumlah tertentu untuk menyatakan banyaknya suatu zat yang berukuran mikroskopis. Saat mempelajari mol, kamu juga harus paham tentang penyetaraan reaksi-reaksi kimia karena konsep mol erat kaitannya dengan penyetaraan reaksi kimia. Reaksi kimia adalah reaksi perubahan dari zat pereaksi (reaktan) menjadi zat hasil reaksi (produk).

Reaksi kimia terdiri dari reaksi pembakaran, pembentukan, penguraian, dan penetralan. Reaksi-reaksi tersebut dipengaruhi oleh jenis reaktan maupun produknya. Membahas masalah reaksi kimia tidak bisa lepas dari suatu persamaan. Persamaan tersebut menunjukkan hubungan kuantitatif antara reaktan dan produk, sehingga disebut sebagai persamaan reaksi.

Jika belajar tentang persamaan reaksi, kamu akan mengenal istilah koefisien reaksi dan indeks reaksi. Koefisien reaksi adalah bilangan yang berada di sebelah kiri unsur, sedangkan indeks reaksi adalah bilangan yang terletak di sebelah kanan bawah unsur. Berikut reaksi pembentukan amonia.

Daun.id

mol5.jpg

Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel

Satu mol menunjukkan banyaknya partikel yang terkandung dalam suatu zat yang jumlahnya sama dengan jumlah partikel dalam 12 gram atom C-12.

Seorang ilmuwan bernama Avogadro berhasil menghitung banyaknya partikel dalam 12 gram atom C-12, yaitu sebanyak 6,02 × 1023 partikel. Bilangan tersebut lebih dikenal sebagai bilangan Avogadro.
Daun.id

mol1.jpg

Massa Molar (Hubungan Mol dengan Massa Zat)

Massa molar adalah massa satu mol zat yang nilainya sama dengan massa atom relatif (Ar) pada atom dan massa molekul relatif (Mr) pada senyawa. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.
Daun.id

mol2.jpg

Volume Molar (Hubungan Mol dengan Volume Gas)

Volume molar ini biasanya berlaku pada gas. Volume molar menunjukkan volume 1 mol gas pada suhu dan tekanan tertentu. Pada kondisi standar (suhu 0° C dan tekanan 1 atm), volume molar gas bernilai 22,4 L. secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.
Daun.id

mol3.jpg

Dalam kondisi tertentu, apabila tidak dalam kondisi standar hipotesis avogadro ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan:
Daun.id

mol4.jpg

Keterangan:
P : Tekanan (atm)
V : Volume (L)
n : mol
R : 0,082 L.atm/mol.K
T : suhu (K)

Contoh Soal Mol
Berapa volume dari 23 g gas NO₂ yang diukur pada tekanan 1 atm dan suhu 27°C?

(Ar N = 14 g/mol, O = 16 g/mol)

Jawab:
Pertama kita gunakan terlebih dahulu rumus mol yang berhubungan dengan massa zat, untuk mengetahui nilai mol gas NO₂.
Daun.id

.

Daun.id

.

Daun.id

.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya