Cara Mencari Mean, Median, Modus dan Contohnya

"Berikut adalah cara mencari modus, median dan mean paling mudah, berikut adalah rumus-rumus beserta contohnya."

Life | 03 November 2022, 08:36
Cara Mencari Mean, Median, Modus dan Contohnya

Mencari mean, median dan modus sebenarnya sudah sering kamu praktikan di kehidupan sehari hari kamu. Salah satu contoh sederhananya adalah nilai mean dari raport yang kamu miliki. Mean adalah bahasa matematika yang sering digunakan untuk menggantikan kata rata-rata.

Misalnya raport kamu terdiri atas 10 mata pelajaran dengan nilai yang tidak sama. Maka untuk memudahkan peringkasan data nilai, makan gurumu akan mencari nilai mean dari 10 nilai mata pelajaran tersebut. Jika nilai Biologi kamu adalah 90, bisa saja nilai mean kamu adalah 80.

Contoh di atas adalah sebagai pengantar saja. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca ulasan tentang Cara Mencari Mean, Median, Modus dan Contohnya.

Pengertian Mean, Median, Modus

Agar bisa mengerjakan modus, median dan median dengan mudah. Sebelumnya kamu harus mengerti apa itu sebenarnya modus, median dan mean.

Dalam rumus statistika dan matematika, modus artinya adalah nilai yang sering muncul dari suatu kelompok data. Median artinya adalah nilai tengah dari suatu kelompok data. Dan mean adalah nilai rata-rata dari suatu kelompok data.

Mean
Mean adalah nilai rata-rata yang didapatkan dari hasil pembagian semua jumlah data terhadap banyak data.

Contoh nilai mean: 2, 2, 3, 3, 4, 4 terdapat 6 buah nilai yang kemudian dicari hasil penjumlahan sekelompok data tersebut. Hasil penjumlahan adalah 18 yang kemudian dibagi 6 hasilnya adalah 3.

Modus
Modus adalah nilai yang paling sering muncul atau nilai dengan frekuensi kemunculan paling tinggi dalam suatu kelompok data.

Contoh pada data berikut: 1, 2, 2, 2, 2, 3, 3, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 8, maka nilai modus adalah dua yang disebutkan sebanyak empat kali.

Median
Median adalah nilai tengah dari suatu kelompok data. Setelah data tersebut diurutkan berdasarkan prinsip ukuran pemusatan data, yaitu dari data terkecil menuju data terbesar dan sebaliknya. Nilai median bisa dihitung berdasarkan apakah data tersebut berjumlah ganjil atau genap.

Pada data berjumlah ganjil, nilai median berada tepat di bagian tengah. Sementara pada data berjumlah genap, nilai median adalah penjumlahan dari kedua data di tengah yang kemudian dibagi dua. 

Contoh pada data: 1, 2, 3, 4, maka cara mencari median adalah dengan menjumlahkan dua dan tiga, yaitu lima kemudian dibagi dua, mendapatkan hasil dua koma 5 (2,5).

Cara Mencari Modus, Median dan Mean

Berikut ini adalah cara menghitung median data tunggal.

Cara Mencari Mean
Berikut adalah cara mencari mean atau rata-rata. Untuk mencari mean, kamu harus menjumlahkan keseluruhan data lalu membaginya dengan banyaknya data.

Contoh:
Sindy mengerjakan tes bahasa Inggris sebanyak enam kali dengan nilai berikut ini: 7, 9, 8, 8, 8, 9, 7. Maka, cara mencari nilai rata-rata tes bahasa Inggris yang didapatkan Sindy adalah sebagai berikut:

Jumlahkan seluruh nilai yang didapatkan Sindy yaitu 7+9+8+8+8+9+7 = 56. Kemudian jumlah seluruh nilai Sindy yaitu 55, dibagi dengan banyaknya tes yang diikuti Sindy yaitu enam. Maka, 56:7= 8. Maka, nilai rata-rata tes bahasa Inggris Sindy adalah 8.

Cara Mencari Median
Terdapat beberapa cara/rumus yang bisa digunakan untuk mencari median. Berikut adalah cara untuk mencari median data tengah.

Mencari dari data tunggal ganjil
Daun.id

median 2.jpg

Untuk menghitung median data tunggal ganjil, kamu dapat menggunakan rumus berikut ini:

Me = X (n+1)/2


Keterangan:
Me = Median
X = Data ke-
n = Banyaknya data

Contoh:
Menghitung nilai median dari data berikut ini, yaitu 8, 4, 13, 22,12, 19, 28. 

Mengurutkan data tersebut menjadi 4, 8, 12, 13, 19, 22, 28.

Banyak data tersebut adalah tujuh.

Me = X (n+1)/2
Me = X (7+1)/2
Me = 4X = 13
Sehingga median dari data tersebut adalah data ke empat, yaitu 13.


Mencari dari data tunggal genap
Daun.id

median 1.jpg

Sementara untuk menghitung Median data tunggal genap, kamu dapat menggunakan rumus berikut ini:

Me = X N/2 + X (N/2+1)/2


Keterangan:
Me = Median
X = Data ke-
n = Banyaknya data

Contoh:
Median data tunggal genap dari data berikut ini, yaitu 3, 21, 11, 5, 15, 24.

Untuk menjawabnya, kamu harus mengurutkan data tersebut menjadi 3, 5, 11, 15, 21, 24.

Banyak data tersebut adalah enam.

Me = X N/2 + X (N/2+1)/2
Me = X 6/2 + X (6/2+1)/2 = 3X + X (3+1)/2
Me = 3X + 4X/2 = 11 + 15/2 = 26/2 = 13
Sehingga median dari data tersebut adalah 13. 

Cara Mencari Modus

Modus berarti nilai yang paling sering muncul dari suatu kelompok data. Mudah sekali untuk menghitung dan mencari modus dari suatu data tunggal. 

Contoh: Pada data nilai ulangan Matematika kelas 6 SD sebagai berikut: 8, 8, 6, 8, 7, 8, 4, 8, 9, 5, 6, 6, 7, 7, 9, 7, 5, 7, 8

Untuk mencarinya, urutkan data terkecil ke terbesar, jadi seperti ini: 4, 5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9

Setelah urut, kamu dapat menentukan nilai mana yang paling banyak muncul. Pada data di atas, nilai 8 merupakan nilai yang paling banyak, jadi modus dari data di atas adalah 8.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya