Cara Mencari Luas Permukaan Balok dan Contohnya

"Cari luas permukaan balok dengan tepat."

Life | 03 November 2022, 16:09
Cara Mencari Luas Permukaan Balok dan Contohnya

Balok merupakan sebuah bangun ruang yang terdiri atas tiga pasang persegi panjang. Balok mempunyai 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Balok yang mempunyai sisi enam persegi yang sama dan sebangun dikenal sebagai kubus. Balok juga mempunyai beberapa istilah terhadap sisinya, seperti panjang, lebar, dan tinggi.

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh dua pasang persegi dan empat pasang persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya yang memiliki ukuran berbeda. Balok mempunyai 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang terdiri dari enam persegi sama dan sebangun yang dikenal sebagai kubus.
Daun.id

Sumber: Canva

Rumus dalam menghitung luas permukaan di balok, yakni:

L = 2 . (p.l + p.t + l.t)

Keterangan:
p = panjang balok
t = tinggi balok
l = lebar balok

Contoh soal

Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 400 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 16 cm sehingga berapakah luas permukaan dari balok itu?

L = 2 x ( (p x l) + (p x t) + (l x t) )
L = 2 x ( (400 x 3) + (400 x 16) + (3 x 16) )
L = 2 x (1.200 + 6.400 + 48)
L= 2 x (7.648)
L = 15.296 cm2

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya