Cara Mencari Pecahan Senilai, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Life | 05 November 2022, 15:07

"Untuk mencari pecahan senilai, kamu dapat mengikuti cara-cara berikut ini."

Cara Mencari Pecahan Senilai, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Pecahan senilai merupakan pecahan yang mempunyai nilai yang sama, namun dituliskan dalam bentuk angkat yang berbeda. Pecahan ini merujuk pada pecahan yang nilainya tetap sama ketika pembilang dan penyebut dari sebuah pecahan dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Pengertian: “Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang bernilai sama walaupun pembilang dan penyebutnya berbeda.”

Perlu kamu ketahui bahwa bilangan 0 tidak termasuk pecahan senilai, sebab 0/0  = tak terhingga.


Dalam menemukan pecahan ini dapat ditentukan dengan tiga cara, antara lain melalui gambar, melalui perkalian dan pembagian, serta dengan menggunakan garis bilangan.

Cara Mencari Pecahan Senilai

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menentukan pecahan senilai. Berikut ini adalah cara-caranya:

Menentukan dengan Gambar

Cara pertama untuk menemukan atau menentukan pecahan ini adalah dengan menggunakan gambar. Perhatikan gambar berikut.
Daun.id

1/2, 2/4

Pada gambar di atas, bagian yang berwarna pada gambar pertama bernilai 1/2, sedangkan pada gambar kedua bagian yang berwarna bernilai 2/4. Namun, jika diperhatikan kedua bagian berwarna tersebut memiliki luas yang sama. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pecahan 1/2 senilai dengan 2/4 atau dapat ditulis 1/2 = 2/4.

Menentukan dengan Perkalian dan Pembagian
Cara menentukan pecahan ini dengan perkalian dan pembagian adalah dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Sebagai contoh:
Daun.id

.

Menentukan dengan Garis Bilangan
Membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama dapat dilakukan dengan menggunakan garis bilangan dan menyamakan penyebutnya. Perhatikan garis bilangan berikut ini:
Daun.id

.

Pecahan yang senilai ditunjukan oleh garis tegak putus-putus. Berdasarkan garis bilangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa :

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya