Cara Mencari Cepat Rambat Gelombang, Pahami Jenis-Jenisnya

"Rumus praktis mengetahui kecepatan rambat gelombang."

Tech | 07 November 2022, 16:39
Cara Mencari Cepat Rambat Gelombang, Pahami Jenis-Jenisnya

Pada mata pelajaran fisika, pasti kita akan bertemu dengan suatu materi yang berhubungan dengan gelombang. Salah satunya ialah mencari cepat rambat suatu gelombang. Secara sederhananya gelombang memiliki pengertian suatu perambatan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa menyeret benda atau materi yang dilewatinya.

Dalam istilah yang lain, gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat atau berjalan melintasi ruang. Sedangkan rumus rambat gelombang ialah panjang gelombang dibagi dengan periode gelombang. Jika ditulis memiliki simbol berikut "v = λ/T". Untuk mengenai pembahasan lebih detailnya, jangan lupa ikuti terus sahabat daun.

Salah satu contoh kecilnya pada gelombang air jika kita jatuhkan batu mesti air akan bergelombang. Dari situ tampak jelas gelombang yang tercipta tak membawa suatu materi apapun pada permukaan air. Gelombang juga memiliki banyak jenisnya, seperti gelombang bunyi, tali genpa, mikro, cahaya, radio, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari medium perambatannya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik ialah gelombang yang memiliki rambat pada suatu medium. Contohnya gelombang tali dan air, bunyi dan pegas, dan lain-lain. Sedangkan gelombang elektromagnetik ialah gelombang yang memiliki suatu muatan energi listrik dapat merapat meski di ruang yang hampa. Contohnya gelombang radio, inframerah, mikro, cahaya tampak, dan lain-lain.

Cara Mencari Cepat Rambat Gelombang

Daun.id

sumber; pixabay.com

Jika di atas kita sudah membahas pengertiannya secara detail, kini saatnya kita mengenal rumus cepat rambat gelombang. Jadi untuk menentukan cepat rambat suatu gelombang itu memiliki rumus. Berikut ini secara detailnya:

V = s / t atau V = λ / T atau V = λ x f

Keterangan:

V = cepat rambat gelombang (m/s2)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)
s = jarak (m)
t = waktu (s)

Jika kita teliti secara detail rumus ini merupakan turunan dari rumus kecepatan. Pada umumnya rumus kecepatan digunakan untuk mencari kecepatan suatu benda. Nah, kita kembali fokus pada cepat rambat gelombang lagi. Simak bahasan di bawah ini!

Contoh soal 1:

Suatu ketika terbentuk gelombang yang merambat selama 50 detik. Selama itu pula muncul 75 gelombang yang memiliki jarak antara kedua puncak sebanyak 3 m. Tentukan cepat rambat gelombang!

Diketahui:

t = 50 s
n = 75
λ = 3 m

Ditanya:
V = …?

Penyelesaian:

Sebelum mencari cepat rambat, kita perlu mengetahui frekuensi gelombang terlebih dahuli dengan rumus (f = n/t), jadi f = 75/50 = 1,5 Hz

Maka:

V = λ x f
V = 3 x 1,5 = 4,5 m/s

Dari soal di atas dapat diketahui suatu cepat rambat gelombang ialah 4,5 m/s.

Demikianlah cara mencari cepat rambat gelombang yang dapat dilakukan. Rumus ini terbilang cukup sangat praktis, agar lebih mudah memahami buatlah contoh soal sendiri.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya