Cara Mencari Lebar Balok, Lengkap Rumus dan Pembahasan

"Temukan lebar balok dengan rumus ini!"

Tech | 08 November 2022, 16:15
Cara Mencari Lebar Balok, Lengkap Rumus dan Pembahasan

Pada umumnya dalam mata pelajaran matematika saat membahas bangun ruang balok mesti yang ditanyakan ialah besaran volume. Hal ini menjadi wajar, sebab balok sendiri merupakan bangun ruang tiga dimensi yang memiliki volume. Akan tetapi pada balok juga memiliki rumus yang lainnya. Seperti panjang, lebar, tinggi, dan lain-lain.

Balok ialah bangun ruang tiga dimensi yang terdapat 6 sisi serta 12 rusuk, rusuknya terdiri dari rusuk lebar, rusuk panjang, dan rusuk tinggi. Sehingga selain membahas cara mencari volume, penting kiranya untuk membahas balok dari sisi lainnya. Kali ini sahabat daun akan berfokus membahas cara mencari lebar balok.

Seperti biasa, persoalan matematika ini tidak pernah lepas dari berbagai ragam rumus. Tentunya dalam mencari lebar balok juga ada rumusnya sendiri. Jadi memahami rumusnya ini juga merupakan bagian penting dalam menjawab soal. Setelah rumus dipahami barulah kita mulai dengan mengerjakan soal. Untuk lebih detailnya simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mencari lebar Balok

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam mencari lebar balok sebaiknya kita memahami rumusnya terlebih dahulu. Berikut ini rumus mencari lebar balok:

l = V : (p x t)

Keterangan:

l = lebar
V = volume
p = panjang
t = tinggi

Tentu rumusnya sangat sederhana dan tidak tampak menyulitkan, karena hanya melibatkan pembagian dan perkalian. Biar semakin paham, marilah kita uji dengan mengerjakan soal seperti di bawah ini.

Contoh soal 1:

Sebuah balok diketahui memiliki volume 1200 cm³. Lalu panjangnya diketahui 15 cm dan memiliki tinggi 10 cm. Berapakah lebar balok tersebut?

Diketahui:

p = 15 cm
t = 10 cm
V = 1200 cm³
l = ?

Penyelessaian:

l = V : (p x t)
l = 1200 : (15 x 10)
l = 1200 : 150
l = 8 cm.

Jadi dari contoh soal di atas kita dapat mengetahui lebar balok adalah 8 cm.

Contoh soal 2:

Ada sebuah balok memiliki volume 500 cm³ dan memiliki panjang 14 cm serta tinggi 9 cm. Tentukan lebar balok!

Diketahui:

p = 14 cm
t = 9 cm
V = 500 cm³
l = ?

Penyelessaian:

l = V : (p x t)
l = 500 : (14 x 9)
l = 500 : 126
l = 3,96 cm
.

Jadi lebar balok diketahui 3,96 cm.

Itulah rumus praktis dalam mencari rumus balok yang dapat diketahui sekalikus diterapkan. Rumusnya sederhana, hanya melibatkan pembagian dan perkalian.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya