Cara Mencari Konfigurasi Elektron, Per Kulit dan Subkulit

"Langkah praktis menemukan konfigurasi elektron"

Tech | 09 November 2022, 11:26
Cara Mencari Konfigurasi Elektron, Per Kulit dan Subkulit

Jika kalian anak Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah konfigurasi elektron. Materi ini menjadi bagian pembahasan pada mata pelajaran kimia. Elektron ini terletak pada suatu lintasan atom atau kulit atom. Sedangkan konfigurasi elektron ialah cara penyusunan elektron yang terdapat pada suatu atom.

Dalam mencari konfigurasi elektron ini terdapat dua langkah yang dapat dilakukan. Cara yang pertama berdasarkan jumlah elektron yang terdapat dalam setiap kulit. Sedangkan cara yang kedua berdasarkan jumlah elektron yang terdapat pada jumlah subkulit. Langkah ini dilakukan guna menemukan suatu nomor golongan, periode, dan elektron valensi pada suatu atom.

Jika berdasarkan suatu jaraknya kedekatan antara kulit elektron dengan inti atom dapat menimbulkan suatu energi tertentu. Semakin dekatnya kulit dengan inti atom ini akan semakin kecil muatan energi. Berbalik, jika kulit dengan inti atom berjarak jauh maka dapat menghasilkan energi yang lebih besar. Untuk pembahasan cara mencari konfigurasi elektron simak ulasan detail di bawah ini.

Cara Mencari Konfigurasi Elektron

Daun.id

sumber; pixabay.com

Seperti pada penjelasan di atas, untuk mencari konfigurasi elektron ini terdapat dua cara. Bisa juga disebut dengan cara perkulit yang diperuntukkan jenis atom golongan utama (A). Sedangkan satunya ialah cara per subkulit yang diperuntukkan jenis atom golongan transisi (B). Berikut ini rumus-rumusnya:

Cara per kulit (cara K L M N)
Cara per subkulit (cara s p d f).

Pada jumlah maksimum elektron yang dapat ditempati pada setiap kulit dirumuskan dengan 2n² (n= kulit yang ditempati elektron). Pada setiap kulit atom jumlah secara maksimal ditempati ialah kulit pertama (K) berjumlah 2 elektron, kulit kedua (L) berjumlah 8 elektron, kulit ketiga (M) berjumlah 18 elektron, kulit keempat (N) berjumlah 32 elektron.

Contoh soal 1:

Tentukanlah nomor atom berikut ini!

X: 1s² 2s² 2p6 3s² 3p³

Penyelesaian:

Karena unsur X merupakan jenis atom netral.

Maka:
jumlah elektron = jumlah proton = 15

Contoh soal 2:

Tentukan konfigurasi elektron dari unsur berikut ini!

Ni (Z = 28)

Penyelesaian:

Cara pertama: Ni (Z = 28) : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d8
Cara kedua: [Ar] 4s2 3d8; K = 2 ; L = 8 ; M = 16 ; N = 2

Contoh soal 3:

Tentukan konfigurasi elektron pada setiap kulit atom di bawah ini!

Sr(Z = 38)

Penyelesaian:

Cara pertama: Sr (Z = 38) : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d104p6 5s2
Cara kedua: [Kr] 5s2; K = 2 ; L = 8 ; M = 18 ; N = 8 ; O = 2

Demikianlah langkah dalam mencari suatu konfigurasi elektron yang dapat dilakukan. Agar lebih mudah memahaminya, bisa membuat contoh soal sendiri.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya