Cara Mencari pH Asam dan Basa, Berikut Penjelasan dan Contohnya

"Dalam pelajaran kimia, salah satu materi yang wajib dipahami adalah tentang pH Asam dan Basa. Berikut penjelasan dan contohnya."

Life | 17 November 2022, 08:33
Cara Mencari pH Asam dan Basa, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Materi tentang pH dari suatu larutan menjadi materi yang wajib dipelajari dalam pelajaran kimia. Terdapat dua macam pH, yaitu pH asam dan juga pH basa. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang cara mencari pH asam dan basa beserta penjelasan dan contohnya.

Pengertian pH

pH merupakan ukuran atau derajat yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Ia didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hidrogen yang terlarut. Skala dari pH terdiri dari angka 1 hingga 14.

Air murni bersifat netral, ditetapkan memiliki pH 7,0, pada suhu 25 °C  Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih dari tujuh dikatakan bersifat basa atau alkali. Asam ada yang berbahaya karena bersifat racun, akan tetapi ada pula yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Penjelasan pH Larutan Asam dan Basa

Dalam ilmu kimia, memahami pH adalah hal yang wajib dilakukan. Contohny adalah pada ukuran pH pada kemasan produk cair seperti pembersih muka atau air mineral. Untuk menentukan sebuah larutan dikategorikan basa atau asam dapat digunakan alat berikut, yaitu: kertas lakmus, indikator universal (stick) dan pH meter.

Larutan asam dan basa terdapat yang kuat dan lemah. Larutan asam dan basa kuat dalam air seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ionnya, sedangkan asam dan basa lemah hanya sebagian kecil molekulnya yang terurai menjadi ion-ion.

Asam kuat mudah melepaskan H+, basa kuat mudah melepaskan OH–. Sehingga, keduanya mengalami ionisasi sempurna atau terurai secara sempurna. Sedangkan, asam lemah sukar melepaskan H+, dan basa lemah sukar melepaskan OH–. Kondisi tersebut membuatnya nggak terurai secara sempurna. Derajat ionisasi yang sempurna bernilai α = 1, sedangkan yang sebagian bernilai 0 < α < 1.

Cara Mencari pH Asam dan Basa

pH merupakan derajat keasaman atau basa suatu larutan. Skala pH biasanya berkisar dari 0 hingga 14. Kalau pada suhu 25℃, pH < 7 bersifat asam, pH = 7 bersifat netral, dan pH > 7 bersifat basa. Semakin kecil nilainya, maka larutan tersebut akan semakin asam.

Misalnya antara larutan dengan pH 3 dan 1, akan lebih kuat konsentrasi asam dengan pH 1 daripada 3. Sebaliknya, semakin besar pH-nya, maka tingkat basanya akan semakin kuat.

Rumus-Rumus Menghitung pH larutan

1. Rumus Asam dan Basa Kuat

[H+] = Ma . valensi asam

[OH-] = Mb . valensi basa

Valensi adalah jumlah ion H+ atau OH- dalam reaksi

pH = - log [H+]

pOH = -log [OH-]

pH = pKw - pOH = 14 - pOH


2. Rumus Asam dan Basa Lemah

[H+] = √Ka . Ma = α . Ma

[H+] = √Kb . Mb = α . Mb
Keterangan:
Ka = tetapan kesetimbangan asam

Kb = tetapan kesetimbangan basa

Ma = konsentrasi asam

Mb = konsentrasi basa

α  = derajat disosiasi


Contoh Soal

Asam kuat HA sebanyak 0,01 mol dilarutkan dalam air hingga volume larutan menjadi 500 ml. Berapakah [H+] larutan tersebut ?

Diketahui:

Volume 500 ml → 0,5 L

mol larutan = 0,01

Valensi asam HA = 1

Konsentrasi Ma = mol/volume = 0,01/0,5 = 0,02 M

Maka [H+] = x . Ma

= 1 . 0,02

= 0,02 M

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 23 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:17 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:26  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI